Ini Kriteria Capres yang Didukung Muhammadiyah

Ini Kriteria Capres yang Didukung Muhammadiyah

Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin, Rabu 7 Agustus 2013, mengatakan bahwa dirinya akan mendukung siapa pun calon presiden atau calon wakil presiden yang datang meminta dukungannya.

Namun, menurutnya, capres dan cawapres itu harus mempunyai niat yang lurus.

"Kami selalu mendoakan, siapa saja yang datang sebagai capres, cagub, cawagub. Tapi perlu kelurusan niat, dan dari situlah Allah memberikan berkatnya," kata Din di Jakarta.

Din menambahkan, dalam sidang Muhammadiyah sudah menentukan kriteria tersendiri bagi calon presiden dan wakilnya yang akan dipilih.

Kriteria itu adalah, calon presiden harus bisa menciptakan solidaritas atas semua golongan baik umat beragama, atau suku. "Bukan cuma untuk partainya saja, kelompoknya saja, apalagi dirinya sendiri," kata Din.

Kriteria kedua, Muhammadiyah akan memilih pemimpin yang bisa menyelesaikan masalah kebangsaan. Ketiga, pemimpin yang mau mengambil risiko dan bertanggung jawab. "Jangan sedikit-sedikit menyalahkan anak buahnya," ujarnya.

Kriteria keempat, lanjut Din, adalah pemimpin yang mempunyai komitmen moral, memiliki integritas sehingga tidak menyalahgunakan kekuasaan untuk memperkaya diri.(rep2)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index