LURUS Teken Pakta Integritas Pemekaran Riau

LURUS Teken Pakta Integritas Pemekaran Riau

PEKANBARU - Calon Gubernur Riau dan calon Wakil Gubernur Riau Lukman Edy - Suryadi Khusaini (LURUS) bikin sensasi yang menhebohkan. Pasalnya, dibanding dari calon lain, mereka justru berkomitmen memperjuangkan pemekaran di Riau menjadi 20 daerah otonom.

Pakta integritas tersebut ditandatangani sebagai bentuk keseriusannya LURUS  memperjuangkan pemekaran tersebut. Dasar pemekaran tersebut diuraikan Lukman Edy, bahwa wilayah Provinsi Riau akan dimekarkan menjadi 20 kabupaten dan kota. "Merujuk luas wilayah dan jumlah penduduk, Riau yang saat ini hanya memiliki 12 kabupaten/kota, layak dimekarkan menjadi 20 kabupaten/kota," kata LE, sapaan Lukman Edy, Rabu (17/7).

Pemekaran tersebut termasuk, Kota Mandau yang ingin berpisah dari Kabupaten Bengkalis. Menyusul, Kabupaten Kampar Hulu akan dimekarkan dari Kabupaten Kampar, selanjutnya di Kabupaten Rokan Hilir ada Kabupaten Rokan Tengah yang terdiri dari Bagan Sinembah, Bangko, Bagan Batu dan sekitarnya.

Tidak hanya itu saja, Lukman Edy berkomitmen memakarkan Rokan Darussalam dari Kabupaten Rokan Hulu. Di Kabupaten Indragiri Hilir saat ini nantinya akan dibagi menjadi tiga daerah otonom yaitu Indragiri Selatan, Indragiri Utara dan kabupaten induk. Bahkan, Kota Pekanbaru juga tidak akan luput dari pemekaran yaitu dibentuk Kabupaten Senapelan yang terdiri dari Rumbai, Rumbai Pesisir, Tenayan Raya, Payung Sekaki.

"Pekanbaru juga layak dimekarkan menjadi dua daerah. Kedua daerah itu, bisa saja merupakan wilayah kota otonom, atau satu di antaranya menjadi wilayah pemerintahan administratif kabupaten," ujar LE.

Sementara itu, salah seorang tim pemenangan LURUS, Mafirion, mengatakan bahwa dalam beberapa hari ini Lukman Edy - Suryadi akan menandatangani pakta integritas untuk membuktikan komitmennya melakukan pemekaran di sejumlah daerah. Bahkan Lukman Edy dan Suryadi yang diusung PKB dan PDIP ini telah melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh dan perwakilan daerah pemekaran. "Dalam waktu dekat ini, mungkin minggu depan, LURUS akan menandatangani pakta integritas pemekaran daerah. Saat ini sedang dipersiapkan naskahnya," jelasmya. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index