Kaesang Bantah Tudingan PKS Soal Jokowi Cawe-cawe di Pilkada Jakarta 2024

Kaesang Bantah Tudingan PKS Soal Jokowi Cawe-cawe di Pilkada Jakarta 2024
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep membantah pernyataan Sekjen PKS Aboe Bakar Al Habsyi soal cawe-cawe Presiden Joko Widodo di Pilkada 2024.

Jakarta - Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep membantah pernyataan Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al Habsyi yang menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyodorkan namanya ke sejumlah partai politik untuk diusung menjadi cawagub di Pilgub Jakarta 2024.

Putra bungsu Jokowi itu menegaskan yang berwenang penuh untuk menentukan calon yang akan diusung adalah partai bukan presiden.

"Kewenangan itu semua ada di ketua umum kok, jadi kita tunggu saja. Jangan bawa-bawa presiden lah, yang ketua umum kan saya," kata Kaesang dalam keterangan tertulis, Jumat (28/6).

Kaesang menilai apa yang disampaikan Aboe tidak sesuai fakta dan mengada-ada. Ia pun meminta agar PKS menyebutkan partai-partai mana saja yang sudah ditawari Presiden Jokowi untuk mendukungnya di Pilgub Jakarta 2024.

"Pak Jokowi tidak pernah menawarkan nama saya ke partai-partai. Silakan cek, atau sebut partai mana yang pernah ditawari Pak Jokowi. Cara-cara seperti itu tidak baik dan ini merupakan kebohongan pada publik," kata dia.

Kaesang pun menganggap pernyataan Aboe itu kemungkinan sinyal untuk menutup koalisi dengan PSI. Ia pun tak mempermasalahkan hal tersebut sebab PSI menurutnya memiliki jumlah kursi yang cukup banyak yakni 8 kursi di DPRD Jakarta.

Ia pun meminta kepada seluruh pihak agar kontestasi Pilkada 2024 berjalan dengan lancar dan jauh dari penyebaran berita bohong yang akan merugikan masyarakat.

"Terlebih lagi akan merugikan pihak yang suka menyebar berita bohong seperti itu. Masyarakat kita sudah cerdas," ujar Kaesang.

Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al Habsyi sebelumnya menyebut Presiden Jokowi menyodorkan nama Kaesang Pangarep ke sejumlah partai politik untuk diusung menjadi cawagub di Pilgub Jakarta 2024.

Mulanya, Aboe ditanya bagaimana tanggapan PKS terkait kemungkinan cawe-cawe Jokowi di Pilgub Jakarta 2024.

"Kan udah biasa cawe-cawe mulai dari presiden sampai nanti. Biasa. Jadi enggak ada masalah, biar saja," kata Aboe di Hotel Sahid, Jakarta, Kamis (27/6).

Lalu, Aboe ditanya kemungkinan Jokowi menawarkan nama Kaesang untuk diusung sebagai cawagub pendamping Ridwan Kamil (RK) di Pilgub Jakarta 2024. Ia pun menyebut Jokowi telah menyodorkan nama Kaesang untuk menjadi pendamping RK.

Aboe tak menjawab dengan tegas ke partai politik mana saja Jokowi menyodorkan nama Kaesang untuk menjadi cawagub. Namun, ketika ditanya apakah Jokowi menawarkan ke PKS nama Kaesang untuk menjadi cawagub ia tak menjawab.

Aboe hanya menyebut Jokowi menawarkan nama putra bungsunya itu ke sejumlah parpol.**

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index