Pemilu 2024

5 Hal yang Perlu Diketahui Jelang Debat Cawapres 21 Januari 2024

5 Hal yang Perlu Diketahui Jelang Debat Cawapres 21 Januari 2024

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat keempat Pilpres 2024. Debat keempat ini akan diikuti oleh para calon Wakil Presiden (Cawapres). Tiga cawapres, yakni Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud Md akan beradu gagasan di panggung debat pada Minggu, (21/1/2024). 

Berikut 5 hal yang perlu diketahui soal debat cawapres pada 21 Januari 2024 mendatang: Lokasi dan Jadwal Debat keempat Pilpres 2024 akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat. 

KPU mengatakan JCC dipilih karena ketersediaan ruang dan memudahkan tim dari setiap paslon. 

"Yang jelas debat keempat yang dilaksanakan pada 21 Januari akan dilaksanakan di JCC," kata Komisioner KPU RI August Mellaz di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (15/1/2024). 

"Kalau lihat pengalamannya di JCC, selain karena availability tersedia, kemudian secara teknis juga bisa sangat membantu tim penyelenggara debat, dan juga tim paslon sangat familiar dengan tempat itu," sambungnya. 

Debat keempat akan digelar pada Minggu (21/1/2024) mulai pukul 19.00 WIB. Debat akan berlangsung selama 120 menit dan terbagi dalam enam segmen. KPU mengatakan tak ada perubahan pada format debat. KPU juga telah mengumumkan nama 11 panelis debat keempat Pilpres 2024. 

KPU menyatakan nama-nama panelis itu telah disepakati oleh masing-masing tim pasangan calon. Para panelis itu akan dikarantina selama menyusun pertanyaan. 

"Yang akan kami karantina nanti tanggal 19, hari Jumat ya," ujarnya. Berikut daftar 11 nama panelis debat keempat: 

1. Prof. Dr. Ir. Abrar Saleng, S.H, M.H (Ahli Hukum Agraria dan Sumber Daya Alam, Universitas Hasanuddin). 

2. Dr. Arie Sujito, SP M.Si, (Sosiolog Pedesaan/Dosen Fisipol UGM). 

3. Prof. Dr. Arif Satria, SP. MSi (Ahli Ekologi Politik dan Kebijakan Pengelolaan Sumber Daya Alam, Rektor Institut Pertanian Bogor). 

4. Dewi Kartika (Ahli Agraria/Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria). 

5. Fabby Tumiwa (Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform atau IESR). 

6. Prof. Dr. Ir. Haryadi Kartodihardjo, MS (Ahli Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Fakultas Kehutanan dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor). 

7. Prof. Dr. Ir. Ridwan Yahya, M.Sc, (Ahli Kehutanan dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Teknologi Hasil Hutan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu).

8. Rukka Sombolinggi, SP, M.A (Sekretaris Jenderal Aliansi Masyarakat Adat Nusantara/Ahli Masyarakat Adat). 

9. Prof. Sudharto, P. Hadi, Ph.D, (Pakar Manajemen Lingkungan/Rektor Universitas Diponegoro 2010-2015). 

10. Prof. Dr. Sulistiyowati Irianto, M.A, (Guru Besar Antropologi Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia). 

11. Ir. Tubagus Furqon Sofhani, M.A, Ph.D (Ahli Perencanaan Wilayah dan Perdesaan Institute Teknologi Bandung). Moderator Debat KPU telah menentukan dua nama moderator debat keempat Pilpres 2024. Mereka adalah Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar. 

"Moderator dua-duanya perempuan, Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar," kata Komisioner KPU RI August Mellaz. Dua nama itu akan memandu proses debat keempat yang diikuti tiga cawapres. 

Debat akan berlangsung selama 120 menit dan membahas enam tema. 6 Tema Dibahas dalam Debat KPU mengatakan ada perubahan susunan dalam tema debat keempat Pilpres 2024. Total, ada enam tema yang menjadi pembahasan dalam debat keempat nanti. 

"Temanya dari tujuh tema itu kemudian kami sudah tata menjadi enam tema. Tema pertama pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, tema yang kedua sumber daya alam dan energi, tema yang ketiga pangan, tema keempat agraria, tema kelima masyarakat adat, dan tema keenam desa," kata August Mellaz. 

KPU awalnya menyusun tujuh tema untuk dibahas dalam debat yang bakal diikuti cawapres itu. 

Susunan tujuh tema yang awalnya ditetapkan KPU ialah: - Pembangunan Berkelanjutan - Sumber Daya Alam - Lingkungan Hidup - Energi - Pangan - Agraria - Masyarakat Adat dan Desa. KPU mengatakan Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mendapat giliran pertama untuk memaparkan visi misi. "Jadi yang akan menyampaikan visi misi, di segmen pertama itu dimulai dari paslon 1, kemudian paslon 2, kemudian paslon 3," kata August Mellaz. 

Mellaz mengatakan cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka akan diberi kesempatan pertama menjawab pertanyaan dari panelis. Mellaz menyebut format itu akan berulang sampai segmen terakhir. "Nanti segmen kedua urutannya ya, jadi 2, 3, 1 nanti balik lagi, itu sudah diatur nanti moderator juga pasti fokus di situ," jelasnya. 

KPU telah menggelar tiga kali debat Pilpres 2024. Pada debat pertama, capres nomor urut 1 Anies Baswedan mendapat giliran pertama memaparkan visi misi. Pada debat kedua, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka yang mendapat giliran pertama memaparkan visi dan misi. 

Pada debat ketiga, capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo yang mendapat giliran pertama memaparkan visi dan misi.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index