Politik

Pilkada Serentak 2020, Iyeth Bustami Jadi Perbincangan di DPP BKP Bengkalis

PEKANBARU - Nama Iyeth Bustami menjadi perbincangan setelah muncul maju dengan Kader PDI Perjuangan Kaderismanto, untuk diketahui Iyeth Bustami merupakan kader partai Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sementara PKB telah memutuskan untuk mendukung pasangan bakal calon Kasmarni - Bagus Santoso untuk maju pada Pilkada Bengkalis tahun 2020.

Hal tersebut ditandai dengan sudah diserahkannya SK DPP ke pasangan tersebut.


Menanggapi hal itu, Ketua DPW PKB Riau, Abdul Wahid mengatakan majunya Iyeth Bustami saat ini memang menjadi pembicaraan di DPP PKB.

"Beliau (Iyeth) kader PKB. Maka lagi ada pertimbangan dalam hal ini ke kak Iyeth.

Saat ini sedang kita perbincangkan di tingkat DPP,"ujar Abdul Wahid Selasa (4/8/2020).

Disinggung mengenai apakah dengan demikian ada kemungkinan bongkar pasang calon yang diusung PKB pada Pilkada Bengkalis, Anggota DPR RI ini menjelaskan masih diperbincangan pola terbaiknya.

"Itu masih kita bicarakan, dan kita diskusikan polanya bagaimana," jelasnya.

Disinggung mengenai apakah dengan demikian SK ke Kasmarni bisa saja ditarik kembali, Wahid enggan mengatakan ditarik namun ia menjelaskan lebih ke mendiskusikannya.

"Bukan ditarik, tapi didiskusikan," ujar Wahid.


Menurut Wahid semuanya masih berkemungkinan, bahkan koalisi dengan PDI Perjuangan juga bisa terjadi.

"Semuanya masih punya kemungkinan, semuanya masih dinamis,"jelas Wahid.

Iyeth Bustami Maju pada Pilkada Bengkalis 2020


Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan Riau Syafarudin Poti mengatakan pihaknya di DPD PDI Perjuangan mendukung penuh rencana Kaderismanto maju di Pilkada Bengkalis 2020 dalam agenda Pilkada Serentak 2020 yang rencananya berpasangan dengan artis penyanyi dangdut Iyet Bustami.

"Insya Allah mudah-mudahan berlayar.

Dia (Kaderismanto) diberi kesempatan leluasa karena Sekretaris partai, tentu DPC Bengkalis akan terus memberi tahu dan berkoordinasi dengan DPD,"ujar Poti kepada tribunpekanbaru.com Senin (3/8/2020).

Pihaknya di DPD juga menurut Poti akan sepenuhnya memberikan support kepada Kaderismanto dengan siapa saja nantinya Sekretaris DPD tersebut berpasangan.

"Kita beri support, dukung sepenuhnya kader ini supaya bisa menjadi tujuan.

Mudah-mudahan nanti ada parpol mengalihkan dukungan ke calon PDI Perjuangan di Bengkalis, karena sekarang ini semua masih bisa saja terjadi, karena belum sampai di KPU.

Yang tak boleh diotak Atik setelah pengumuman KPU,"ujar Poti.


Sebagaimana diketahui saat ini hampir semua partai Politik di Pilkada Bengkalis sudah memiliki jagoan untuk atau sudah mendukung balon yang akan maju.

Saat ini partai yang tersisa di Pilkada Bengkalis adalah Demokrat (2 kursi), Perindo (1 kursi), dan Golkar (8 kursi).

Seperti misalnya pasangan Kasmarni - Bagus Santoso sudah didukung PKB, PAN, Gerindra dan Nasdem serta PBB, sedangkan Pasangan Abi Bahrum - Herman juga sudah didukung PKS dan PPP.


Selanjutnya pasangan Indra Gunawan Eet - Samsu Dalimunthe juga sebelumnya sudah mendapat dukungan sementara dari Golkar dan Perindo.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Bengkalis ini menggandeng artis terkenal asal Bengkalis yang namanya sudah tersohor di Indonesia bahkan Malaysia, yakni Iyeth Bustami yang memiliki nama lahir Sri Barat ini.

"Iya, Insya Allah. Doakan saja," kata Politisi yang biasa disapa Bang Kade ini.

Adapun alasan Kade menggandeng Iyeth karena keduanya memiliki pandangan dan cita-cita yang sama dalam membangun Bengkalis yang lebih baik lima tahun kedepan.

Kade menambahkan, dia sudah mengenal Iyeth cukup lama dan merasa bisa 'klop' dengan penyanyi 'Laksmana Raja di Laut' ini beberapa waktu belakangan, dan setelah sempat mengobrol keduanya akhrinya memutuskan siap maju di Pilkada Bengkalis 2020 mendatang.

Artis Melayu Iyeth Bustami Maju pada Pilkada Bengkalis 2020, Dampingi Wakil Ketua DPRD Bengkalis (Tribun Pekanbaru/Ilustrasi/Nolpitos Hendri)
"Kita ternyata sudah satu persepsi dalam melihat kondisi Bengkalis hari ini, intinya kita mau Bengkalis yang lebih baik, mana yang kurang akan kita perbaiki kedepannya,"ujarnya.

Terkait dukungan partai, lanjut Kade, masih dalam lobby-lobby meskipun sudah ada beberapa partai yang menyatakan sikap akan mendukung mereka.(rep05)


[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]