Golput 2014 Diprediksi 50 Persen

Golput 2014 Diprediksi 50 Persen


Jakarta-Ancaman golput menjadi satu momok tersendiri bagi partai peserta pemilu saat ini. Bahkan pengamat memperkirakan jumlah golput untuk pemilu 2014 mendatang bisa mencapai lebih dari 50 persen.

"Partisipasi relatif rendah, dugaan saya tingkat partisipasi tidak sampai 50 persen. Sebab tidak ada ideologi, tidak ada partai menarik dan tidak ada caleg menguntungkan," kata pengamat politik Ray Rangkuti dari Lingkar Madani di Seminar Nasional Forum Kajian Strategis 'Mewujudkan Pemilu 2014 yang Aman dan Demokratis' di Galeri Cafe, Cikini, Jakarta, Minggu (23/6).

Hal ini ditanggapi serius, salah satunya oleh Golkar. Golkar bahkan khawatir pendukung lamanya juga bakal lari.

"Saya khawatir orang akan datang sedikit ke TPS. Pendukung baru belum datang, pendukung lama sudah berkurang ini problem semua partai," kata Mahdi Sinambela, politis partai Golkar di tempat yang sama.

Pendapat yang sama juga disampaikan Politisi Partai Nasdem. Sebagai partai baru, Nasdem mengharapkan kualitas pemilu yang baik dengan banyaknya pemilih yang ikut.

"Jika pemilihnya tidak banyak maka kualitas dan legitimasi partai itu dipertanyakan. Kebanyakan pemilih sudah muak dengan partai atau tidak suka dengan calegnya," ujar Dedy Ramanta, Politisi Nasdem.(rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index