Bawaslu Riau Gelar Tes Tertulis bagi Peserta Panwascam Rohil

 Bawaslu Riau Gelar Tes Tertulis bagi Peserta Panwascam Rohil
Rohil-Sesuai jadwal, Senin (15/6/15), calon peserta panitia pengawas kecamatan (Panwascam) se kecamatan Rokan Hilir  mengikuti tes tertulis yang  dilaksanakan Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Riau, di Kampus UNRI Batu Enam, Senin (15/6/15).
 
Tahapan seleksi calon panwas kecamatan tersebut diikuti 166 orang dari 15 kecamatan di Kabupaten Rohil. "Dari 170 orang calon peserta, 4 orang dinyatakan tidak memenuhi syarat mengikuti tes tertulis," kata Ketua Panwas Rohil Jaka Abdillah, disela meninjau pelaksanaan tes tertulis, Senin (15/6/15).
 
Dikatakan, dari tatib yang sudah ditentukan calon panwascam yang mengikkuti ujian tertulis tidak dibenarkan bekerjasama dengan peserta lainya, karena jika ketahuan peserta dikenakan sanksi."Ya, peserta tidak akan boleh mengikuti ujian dan akan dikeluarkan dari ruang ujian," tegas Jaka.
 
Mengenai calon peserta yang terlambat mengikuti ujian, kata Jaka, akan diberikan kesempatan mengikuti pada hari yang sama dan tidak diberikan penambahan waktu.Menurutnya, lembar soal dan jawaban peserta dalam kondisi baik, dan sejauh ini tidak ada komplain dari calon peserta ujian.
 
"Setelah lulus nanti, dijadwalkan tanggal 20 Juni 2015 dilanjutkan tes wawancara," ujarnya.
 
Selain diawasi panwas, lanjutnya, pihak bawaslu juga turut hadir mengawasi jalanya ujian. Apalagi kewenangan mutlak berada di Bawaslu Riau sebagai penyelenggara sedangkan panwas hanya memfasilitasi.
 
"Di Kabupaten Rohil cuma 15 kecamatan yang mendapat rekomendasi kemengdagri dari 18 kecamatan, 3 kecamatan baru akan bergabung dengan kecamatan induk," terangnya.
 
Kemudian, mengenai jumlah peserta yang akan ditugaskan bervariasi sebab sebaran calon peserta tidak merata, seperti Kecamatan Rimbo Melintang diambil 9 orang, namun dari hasil tes hanya 6 orang yang diambil.
 
"Artinya, ada kecamatan yang banyak diutus calon pesertanya, dan ada yang minim seperti Sinaboi, Bagansinembah, Rantau Kopar, Taput Tanjung Melawan," urainya.Ia menambahkan, panwas sendiri menyiapkan 3 ruang ujian, diantaranya ruang A diisi 55 orang, ruangan B diisi 44 orang dan ruang C diisi 71 orang.(rep05/mcr)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index