Wow, Spanduk Kemenangan Prabowo Bertebaran di Kota Solo

 Wow, Spanduk Kemenangan Prabowo Bertebaran di Kota Solo

Surakarta - Spanduk yang berisi ungkapan kemenangan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa bertebaran di Kota Surakarta, Jumat, 11 Juli 2014. Jumlah spanduk tersebut diperkirakan lebih dari seratus. Tak lama setelah dipasang, spanduk-spanduk tersebut langsung dicopoti tim gabungan.

Spanduk tersebut terpasang di banyak titik sejak masuk kota di ujung barat hingga ujung timur. Kebanyakan berisi ucapan terima kasih kepada masyarakat yang telah ikut memenangkan pasangan Prabowo-Hatta. Di Solo, menurut penghitungan sementara, Prabowo kalah telak (Lihat: Pilpres, Koalisi Merah Putih Keok di Solo)

Panitia Pengawas Pemilu Kota Surakarta segera menggelar operasi pencopotan dengan bantuan Komisi Pemilihan Umum Surakarta, kepolisian, serta Satuan Polisi Pamong Praja. Mereka juga mengajak tim pemenangan Prabowo-Hatta serta Jokowi-Kalla untuk ikut menertibkan spanduk tersebut bersama-sama.

Ketua Panwaslu Surakarta Sri Sumanta mengatakan pihaknya baru saja menerima laporan ihwal keberadaan spanduk tersebut. "Mungkin dipasang semalam," katanya di sela-sela operasi. Pihaknya segera mengajak pihak-pihak terkait untuk menyikapi keberadaan spanduk tersebut.

Dia beralasan, keberadaan spanduk tersebut provokatif dan berpotensi memicu ketegangan. "Sebab, hingga sekarang belum ada kepastian mengenai pemenang pemilihan presiden," katanya. Pemenang pemilihan baru akan diumumkan secara resmi melalui sidang pleno KPU pada 22 Juli mendatang.

Mereka akhirnya bersepakat mencopoti semua spanduk tersebut. Hingga Jumat siang, baru sebagian yang berhasil diturunkan. "Kami akan terus berkeliling hingga semua spanduk dilepas," katanya. Menurut Sumanta, pihaknya belum mengetahui pihak yang memasang spanduk tersebut.

Salah satu perwakilan Koalisi Merah Putih--tim pemenangan Prabowo-Hatta--Purwanto, mengatakan pihaknya tidak pernah menginstruksikan pemasangan spanduk tersebut. "Bahkan kami juga kaget saat diberi tahu mengenai keberadaan spanduk tersebut," katanya. Karena itu, ia mendukung operasi pencopotan itu.

Purwanto mengatakan Koalisi Merah Putih telah sepakat melakukan cooling down hingga ada hasil akhir penghitungan suara dari KPU. Dia justru curiga ada pihak lain yang berupaya memperkeruh suasana dengan mengatasnamakan pendukung Prabowo. "Gerakannya terorganisasi, terlihat dari desain spanduknya yang rata-rata seragam," katanya.

Ketua KPU Surakarta Agus Sulistyo meminta semua pihak menjaga iklim yang kondusif pasca-pemilihan presiden. Dia juga meminta masyarakat menunggu hasil rekapitulasi yang dilakukan oleh KPU. "Lebih baik menunggu pengumuman resmi," katanya. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index