34 Ribu WNI Mencoblos di Korsel

34 Ribu WNI Mencoblos di Korsel
Seoul - Lebih dari 34.000 warga negara Indonesia di Korea Selatan mendatangi Tempat Pemilihan Suara (TPS) untuk berpartisipasi dalam Pemilu Presiden 2014, Ahad, 6 Juli 2014. Terdapat lima tempat pemilihan suara yang tersebar di lima wilayah, yaitu: Ansan (Jumin Center ANSAN), Daegu (Warung/Kafe Bali Indah), Gimhae (Jiwon Center), Incheon (Jumin Center), Seoul (KBRI Seoul), dan satu drop box di pulau Jeju.
 
“Antusiasme pemilu Presiden jauh lebih tinggi ketimbang pemilu legislatif,” ujar Ketua pelaksana pemilihan du Korea Selatan, Permata Nur Miftahur Rizki, saat ditemui kontributor Seoul, Rini Kusnadi, di Seoul Ahad, 6 Juli 2014. Menurut Permata, antusiasme tinggi karena, akses pemungutan suara berhasil mencapai titik-titik komunitas Indonesia.
 
“Kami juga mempermudah kawan-kawan untuk bisa mencoblos, di lima wilayah TPS dan satu drop box di Jeju,” kata Permata. Berdasarkan pantauan Tempo, antusiasme warga negara Indonesia yang tinggi terlihat pada panjangnya antrean di TPS Seoul.
 
Salah satu mahasiswi pemilih bernama Ratih mengatakan, antusiasme warga Indonesia di Korea Selatan dalam memilih meningkat. “Pemilu Presiden kali ini sangat dinamis, tiba-tiba semua orang ingin berpartisipasi dalam politik,” katanya. (rep01/tpc)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index