Cadbury Berbabi, Ini Kata Cadbury Malaysia

Rabu, 28 Mei 2014 | 10:47:00 WIB
Jakarta - Kuala Lumpur --Kepala Hubungan Korporasi Cadbury Malaysia, Raja Zalina Raja Safran, akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi setelah mendengar reaksi keras komunitas Muslim Malaysia tentang produknya yang mengandung jejak DNA babi.
 
Sebagaimana dilansir dari The Star, pernyataan tertulis sebanyak tiga paragraf itu dikeluarkan pada Rabu, 27 Mei 2014. Raja mengakui, kedua produk yang dinyatakan mengandung jejak DNA babi adalah Cadbury Dairy Milk Hazelnut 175 gram (nomor number 200813M01H I2, kadaluarsa per tanggal 13 November 2014) dan Cadbury Dairy Milk Roast Almond 175 gram (nomor batch 221013N01R I1, kadaluarsa per tanggal 15 Januari 2015).
 
Kedua produk tersebut, kata dia,  sedang ditarik dari pasaran. "Tidak ada produk Cadbury lain yang terbukti mengandung babi," kata Raja.
 
Menurut dia, saat ini pihaknya masih berfokus pada proses investigasi yang sedang berlangsung. "Kami akan bekerja keras untuk memastikan produk kami telah memenuhi standar halal," kata Raja.
 
Raja mengatakan, perusahaan Cadbury Malaysia sedang bekerja sama dengan Jabatan Kemajuan Malaysia (Jakim), lembaga yang berwenang dalam memberikan sertifikasi halal di Malaysia. Menurut Raja, Jakim akan melakukan tes sendiri untuk memastikan kehalalan dua produk Cadbury dan segera mengumumkan hasilnya.
 
Menurut Raja, perusahaannya memahami kehalalan suatu produk makanan sangat penting di Malaysia. Ia juga mengakui adanya kegelisahan di masyarakat akibat isu ini. "Kami berjanji akan fokus menyelesaikan masalah ini, karena tidak ada yang lebih penting daripada kualitas produk," ujar Raja.
 
Jakim telah mengirim sampel kedua produk tersebut beserta sejumlah produk lain dari jaringan pemrosesan dan pabrik yang sama pada Departemen Kimia Malaysia untuk dilakukan tes lebih lanjut. Hasilnya akan keluar dalam waktu tujuh hari mendatang.
 
Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendesak Badan Pengawasan Obat dan Bakanan  Majelis Ulama Indonesia agar menguji ulang coklat Cadbury. Sedangkan MUI mengaku  mengaku belum mengetahui. (rep01/tpc)

Terkini