Hari Ini 632 Tahun Nabi Muhammad SAW Wafat

Hari Ini 632 Tahun Nabi Muhammad SAW Wafat

Muhammad bin Abdullah (lahir 570/571-wafat 632) adalah Nabi besar dan terakhir yang menyampaikan ajaran Allah SWT. Agama Islam adalah agama yang menyempurnakan semua agama yang ada di dunia ini.  Menurut sirah (biografi) yang tercatat Rasulullah, ia lahir sekitar 20 April 570/ 571, di Mekkah (Makkah) dan wafat dalam hitungan masehi pada 8 Juni 632 di Madinah pada usia 63 tahun. Kedua kota tersebut terletak di daerah Hijazh, Arab Saudi.

Michael H. Hart dalam bukunya The 100 menilai Nabi Muhammad sebagai tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia. Menurut Hart, Nabi Muhammad adalah satu-satunya orang yang berhasil meraih keberhasilan luar biasa baik dalam hal spiritual maupun kemasyarakatan.

Hart mencatat bahwa Nabi Muhammad mampu mengelola bangsa yang awalnya egoistis, barbar, terbelakang dan terpecah belah oleh sentimen kesukuan, menjadi bangsa yang maju dalam bidang ekonomi, kebudayaan dan kemiliteran dan bahkan sanggup mengalahkan pasukan Romawi yang saat itu merupakan kekuatan militer terdepan di dunia.

Dalam tahun hijriyah, Nabi Muhammad lahir pada hari Senin, 12 Rabi’ul Awal tahun 571 Masehi (lebih dikenal sebagai Tahun Gajah). Para penulis sirah (biografi) Nabi Muhammad pada umumnya sepakat bahwa beliau lahir pada Tahun Gajah, yaitu tahun 570 M, yang merupakan tahun gagalnya Abrahah menyerang Mekkah. (rep02)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index