Lima Bulan, 19 Nyawa Melayang di Jalan Wilayah Inhu

Lima Bulan, 19 Nyawa Melayang di Jalan Wilayah Inhu
RENGAT-Kecelakaan lalu lintas masih menjadi pembunuh yang paling menakutkan. Berdasarkan data Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Inhu, sepanjang Januari hingga Mei 2013, 19 nyawa melayang di jalan raya secara sia-sia. Umumnya penyebab kecelakaan tersebut karena kondisi jalan yang berlubang dan human error.
         
Hal itu diungkapkan Kapolres Inhu AKBP Aris Prasetyo Indaryanto Sik Msi ketika dikonfirmasi, Rabu (5/6) melalui Kasat Lantas AKP Ari Setyawan Wibowo SH Sik didampingi Kanit Laka Aiptu Andra Leksi dirunag kerjanya.
 
“Kerugian material akibat kecelakaan sepanjang tahun 2013 ini sudah mencapai Rp 478 juta lebih,” ungkap Kapolres Inhu AKBP Aris Prasetyo Indaryanto Sik Msi ketika dikonfirmasi Rabu (5/6) melalui Kasat Lantas AKP Ari Setyawan Wibowo SH Sik didampingi Kanit Laka Aiptu Andra Leksi.
 
Dijelaskannya, untuk bulan Januari 2013 lalu terjadi 11 kasus kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) yang mengakibatkan 5 orang meninggal dunia. Bahkan sebanyak 9 orang mengalami luka berat dan 12 orang mengalami luka ringan.
         
Begitu juga pada bulan Februari terdapat sebanyak 5 orang meninggal dunia dari 7 kasus Lakalantas dan sebanyak 3 orang mengalami luka berat dan 6 orang mengalami luka ringat. “Hanya pada bulan Maret yang terdapat 1 orang meninggal dunia dari 8 kasus Lakalantas,” ungkapnya.
         
Sementara pada bulan April jumlah korban meninggal dunia akibat Lakalantas meningkat mencapai 6 orang dari 10 kasus yang terjadi. Sedangkan yang mengalami luka berat sebanyak 4 orang dan 10 orang mengalami luka ringan.
 
Sementara itu, angka kecelakaan tertinggi sepanjang tahun 2013 terjadi pada bulan Mei yang mencapai 13 kasus dan mengakibatkan 2 orang meninggal dunia, 12 orang mengalami luka berat dan 11 orang mengalami luka ringan. “Pada bulan Mei kerugian meteri juga tertinggi dibanding bulan sebelumnya yakni mencapai Rp 196 juta lebih,” bebernya.
 
Untuk mengantisipasi terjadinya Lakalantas pihaknya sudah membuat zona Lakantas pada daerah-daerah rawan. “Selain yang sudah diprogramkan Satlantas Polres, sejumlah Polsek yang ada juga telah memprogram pembuatan zona Lakalantas sesuai wilayahnya,” terangnya.
 
Satlantas Polres Inhu berharap para penggendara sepeda motor maupun roda empat selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan berhati-hati ketika melintas di zona Lakalantas. Dengan demikian, kecelakaan dapat dihindari. (TM01)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index