China ingin buat jubah tembus pandang

China ingin buat jubah tembus pandang
Pemerintah China rela menggelontorkan uang miliaran rupiah untuk menciptakan sihir dalam film Harry Potter ke dunia nyata. Sihir yang ingin diciptakan itu adalah jubah tembus pandang yang membuat pemakainya bisa tak terlihat.
 
Seperti yang dilansir oleh ZDNet (10/12), 40 tim peneliti disebutkan tengah berlomba dalam tiga tahun ini untuk menciptakan teknologi tersebut di dunia nyata. Salah satu yang berpartisipasi adalah tim dari Tsinghua University dan Chinese Academy of Sciences yang menyatakan sudah menemukan kunci bagaimana membelokkan cahaya dari suatu benda.
 
Dengan adanya temuan ini, maka upaya untuk menciptakan medan elektromagnetik pun bisa digunakan untuk membelokkan cahaya dari suatu benda dan membuat benda tersebut tak terlihat. Hal inilah yang nantinya bisa diterapkan pada jubah tembus pandang tersebut.
 
Jika sudah jadi, maka jubah ini dapat diaplikasikan pada militer terutama pesawat tempur. Namun, pemerintah China mengaku ingin menerapkan teknologi ini untuk bidang yang lebih luas.
 
Teknologi seperti ini sendiri bukanlah yang pertama di dunia. Sebelumnya, seperti yang dilansir oleh CNN (27/3), fisikawan dari Texas, AS telah mengembangkan sebuah metode untuk membuat sebuah obyek tak terlihat dengan membelokkan gelombang cahaya. Memang, pembelokan gelombang cahaya ini masih belum sempurna, namun di masa depan bisa jadi akan menyamai jubah tak terlihat milik Harry Potter.
 
Jubah ini terbuat dari material selotip tembaga yang dikombinasikan dengan polikarbonat. Hasilnya, tercipta sebuah jubah dengan corak kecil-kecil yang mampu menetralkan gelombang cahaya.
 
Setahun sebelumnya, para peneliti di Manchester University menyebutkan kalau pendekatan yang sama bisa digunakan untuk melindungi gedung dari gempa bumi. Lembaran karet yang telah melewati proses pemampatan bisa digunakan untuk "menyembunyikan" gedung-gedung dari gelombang yang ditimbulkan oleh gempa bumi. Gelombang yang datang tidak akan menabrak gedung ini namun bergerak mengitarinya. (rep10)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index