Jaga kesehatan payudara dengan 5 langkah tepat ini

Jaga kesehatan payudara dengan 5 langkah tepat ini
ilustrasi/net
Payudara adalah salah satu bagian tubuh yang berharga bagi sebagian besar wanita. Bahkan payudara dianggap sebagai salah satu aset yang dimiliki oleh wanita. Hal itulah yang membuat wanita sangat perhatian sekali dalam menjaga kesehatan payudara karena selain agar payudara tetap terlihat menarik, juga agar mereka termasuk Anda dapat terhindar dari penyakit kanker payudara.
 
Menjaga kesehatan payudara dapat dimulai dengan hal-hal yang sederhana. Berikut adalah 5 langkah tepat menjaga kesehatan payudara seperti dilansir dari idiva.com.
 
1. Memilih bra yang benar
Sejauh ini diyakini bahwa 80% wanita mengenakan bra dengan ukuran yang salah. Kesalahan dalam memilih ukuran bra dapat menyebabkan payudara kendur, postur tubuh yang buruk, sakit punggung, dan bahkan lecet atau ruam. Oleh karena itu sangatlah penting bagi Anda untuk membeli bra yang baru setiap tahun tentunya dengan ukuran yang benar. Dan jangan lupa untuk memakai sport bra saat berolahraga.
 
2. Mengonsumsi makanan yang baik untuk payudara
Salah satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan payudara adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh payudara. Ubi jalar, bayam, dan berbagai sayuran lainnya kaya akan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang baik untuk kesehatan payudara.
 
3. Mengurangi konsumsi alkohol
Alkohol dapat meningkatkan produksi hormon estrogen sebanyak 3 kali lipat di dalam tubuh wanita. Dengan banyaknya hormon estrogen maka akan menyebabkan sel kanker mudah untuk berkembang biak. Mengurangi asupan alkohol, mengonsumsi brokoli dan kubis diyakini dapat membantu tubuh mengurangi kadar estrogen dan membantu melawan kanker.
 
4. Sadari
Sadari atau periksa payudara sendiri adalah gerakan preventif bagi para wanita untuk mencegah kanker payudara dengan memeriksa apakah ada yang salah dengan payudara mereka. Oleh karena itu periksa dan teliti apakah ada ruam, pengerasan kulit di puting, atau benjolan di payudara Anda.
 
5. Mengoleskan pelembap
Mengoleskan pelembap ke kulit di sekitar payudara dapat melembutkan dan tentu saja melembapkan kulit payudara. Kulit yang lembut serta lembab akan menghindarkan payudara dari penuaan dini.
 
Menjaga kesehatan payudara tidak perlu dilakukan dengan cara yang mahal. Cukup cara sederhana seperti contoh di atas dapat menjaga payudara tetap sehat. (rep10)
 
 
 
 
 
 
 

 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index