Selama Puasa, Hindari Tiga Sayuran Ini

Selama Puasa, Hindari Tiga Sayuran Ini

JAKARTA-Menjaga tubuh tetap bugar selama berpuasa merupakan salah satu tantangan bagi seorang Muslim. Cermat memilih makanan saat santap sahur adalah cara yang tepat.

Bukan hanya makanan yang mengenyangkan tapi kandungan nutrisinya tetap terpenuhi. Salah satunya kebutuhan sayur.

Selama berpuasa Chef Billy Andrelly Kalangi menuturkan pilihan sayur dengan kandungan mineral, serat, anti oksidan dan nutrisi tinggi. Tidak sarankan, tambah Billy, untuk mengkonsumsi kol, sawi putih dan kangkung terlalu banyak.

"Kol itu banyak mengandung gas dan kangkung mengandung zat kapur yang tinggi," kata Chef yang sering wara-wiri di televisi ini.

Kandungan gas dalam kol membuat perut menjadi kembung dan menyimpan lebih banyak gas selama berpuasa. Sedangkan kandungan zat kapur pada kangkung bisa menyebabkan asam urat.

Beberapa sayuran yang disarankan chef Billy untuk dikonsumsi saat sahur misalnya brokoli dan wortel. Kedua sayuran ini bisa dikombinasikan dengan sayur yang lainnya. "Brokoli dan wortel banyak mengandung anti oksidan. Usahakan dimasak dengan cara direbus," katanya.

Pemilihan sayuran ini, menurut chef Billy, salah satu yang penting selama puasa. Karena selama ini, ungkapnya, masyarakat sekadar makan sayur dan tidak memperhatikan kandungan nutrisinya. Dikira dengan mengkonsumsi sayur kebutuhannya sudah terpenuhi. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index