Yuk Melihat Isi Dalam Ka'bah yang Belum Banyak Diketahui Umat Islam

Yuk Melihat Isi Dalam Ka'bah yang Belum Banyak Diketahui Umat Islam

Jakarta - Saat ini jutaan umat Islam sedang menunaikan ibadah haji ke Kota Mekkah. Mereka beribadah dan menjadikan Ka'bah sebagai kiblat, pusat beribadah kepada Allah SWT. Kabah juga menjadi arah kiblat solat untuk seluruh umat muslim di dunia.

Tampilan luar dan dalam Kabah sangat luar biasa. Salah satu komponen Ka'bah yang paling terkenal tidak lain adalah Hajar Aswad, sebuah batu hitam di sisi luar tenggara yang diyakini telah jatuh dari surga pada zaman Adam dan Hawa.

Kabah atau Baitullah ditutup dengan kain sutera hitam suci. Kain ini disebut dengan nama Kiswah. Lantas bagaimana dengan interior Kabah?

Melansir situs The Islamic Information, berikut ini beberapa bagian penting Kabah yang diketahui publik:

1. Kunci Kabah

Pemegang kunci Kabah adalah orang-orang terpilih. Pada penaklukan Mekah di tahun 8 Hijriah, Nabi Muhammad menitipkan kunci Kabah kepada Utsman Bin Abi Talha. Dia merupakan keturunan dari keluarga Shaibi yang juga menjaga kunci tersebut sebelum tersebarnya Islam di dunia.

Isi ruangan dalam Ka'bah (Haramain Archive)Foto: Isi ruangan dalam Ka'bah (Haramain Archive)
Isi ruangan dalam Ka'bah (Haramain Archive)
2. Kotak Marmer

Dalamnya Kabah tidak diisi dengan banyak barang. Namun, ada satu yang menarik perhatian yakni kotak marmer di dalam Kabah yang terletak di sebelah kanan pintu. Kotak itu digunakan untuk menyimpan minyak dan wewangian yang dipakai guna membasuh dan membersihkan bagian dalam Kabah.

3. Pintu di dalam Kabah

Sering dijelaskan bahwa Kabah memiliki banyak pintu selain yang bisa dilihat dari luar. Salah satu pintu itu adalah pintu kecil berlapis emas dan perak yang terbuat dari kayu pilihan. Tertulis juga ayat Allah SWT di sana.

Isi ruangan dalam Ka'bah (Haramain Archive)Foto: Isi ruangan dalam Ka'bah (Haramain Archive)
Isi ruangan dalam Ka'bah (Haramain Archive)
4. Tempat salat Nabi Muhammad SAW

Ada pola unik menyerupai sajadah di lantai Kabah. Nah, itu adalah tempat salat Nabi Muhammad SAW ketika memasuki Kabah usai penaklukkan Mekkah.

5. Al-Multazam

Terdapat area yang berada di tengah-tengah antara sisi kiri pintu Kabah dan Hajr Al-Aswad yang disebut dengan Al-Multazam. Ibnu Abbas RA meriwayatkan bahwa Al-Multazam adalah tempat terkabulnya doa.

6. Hiasan dalam Kabah

Di dalam Kabah terdapat dekorasi pemberian raja, sultan, dan para penguasa di zaman sebelumnya. Hiasan itu menggantung di pilar Kabah.**

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index