Vatikan: Paus Yohanes Paulus II akan Jadi Santo

Vatikan: Paus Yohanes Paulus II akan Jadi Santo

VATIKAN-Tahta Suci Vatikan menyatakan, Paus Yohanes Paulus II akan diangkat sebagai Santo. Kanonasi Paus Yohanes akan dilakukan sekira akhir tahun ini.

Selain Paus Yohanes Paulus II, Paus Fransiskus akan mengangkat mantan Paus lainnya, Yohanes XXIII. Kepastian tersebut diutarakan oleh juru bicara Vatikan Federico Lombardi.

"Paus Fransiskus akan melakukan kanonisasi kepada dua mantan Paus sekira musim semi atau Desember. Paus juga mengakui keajaiban kedua dari Paus Yohanes Paulus," ujar Lombardi, seperti dikutip Telegraph, Jumat (5/7).

"Belum ada tanggal pasti yang ditetapkan untuk kanonisasi itu," lanjutnya.

Kedua Paus itu merupakan sosok yang amat dicintai dalam sejarah Vatikan. Keduanya dianggap memegang peranan substansial dalam membentuk kembali peran geraja Katolik di era modern.

Paus Yohanes Paulus II diangkat sebagai pemimpin Tahta Suci Vatikan pada 1978 hingga dirinya wafat pada 2005 silam. Paus Yohanes memegang peran kunci ditengah kejatuhan Komunisme di Eropa timur, sementara misinya yang ambisius menarik perhatian umat Katolik.

Sementara Paus Yohanes XIII menjabat sebagai Paus pada 1958 hingga kematiannya pada pertengahan 1963. Dirinya merupakan sosok di balik Dewan Sejarah Vatikan yang memodernisasi Gereja Katolik. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index