Tahun Ini UNRI Terima 7300 Mahasiswa Baru

Tahun Ini UNRI Terima 7300 Mahasiswa Baru

PEKANBARU - Universitas Riau (UNRI) pada penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024 ini akan menerima lebih Kurang 7.300 Mahasiswa baru dengan rincian 6530 peserta didik untuk jenjang strata satu, 80 peserta didik jenjang diploma empat, dan 690 peserta didik jenjang diploma tiga.

Hal itu disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik UNRI Dr Mexsasai Indra SH MH. Untuk pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tersebut UNRI telah membentuk tim. 

"UNRI telah membentuk tim sosialisasi penerimaan mahasiswa baru yang langsung dikoordinir oleh wakil rektor bidang akademik yang akan langsung turun ke kabupaten kota yang ada di Provinsi Riau mulai tanggal 24 Januari sampai dengan 1 Februari 2023," jelas Mexsasai, kemarin.

Dia menjelaskan, berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi No 48 tahun 2022 tentang penerimaan mahasiswa baru Program Diploma dan Program Sarjana pada perguruan tinggi negeri, menyebutkan jalur penerimaan mahasiswa baru terdiri dari tiga jalur. 

Pertama, Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Kedua, Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), dan Ketiga, Seleksi Mandiri yang dilaksanakan oleh masing-masing PTN.

"Berbeda pada tahun sebelumnya penerimaan mahasiswa baru tahun 2023 ini terintegrasi antara pokasi dan akademik, dimana calon mahasiwa baru baik dari SMA/ SMK/ MA dengan mendaftarkan cukup sekali dengan pilihan tujuan bisa kePoliteknik, Universitas ataupun Institut," sebutnya.

Lebih lanjut dikatakan, sesuai dengan permendikbuddikti No 48 Tahun 2022, tahun ini UNRI menerima calon mahasiswa baru melalui jalur SNBP dan SNBT. "Sementara itu daya tampung setiap jenjang pendidikan, berada di besaran 30 persen dari daya tampung untuk Jalur SNBP, dan 40 persen daya tampung untuk Jalur SNBT, dan 30 persen daya tampun Jalur Mandiri," imbuhnya.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index