Awas, Asap Rokok Bisa Buat Tuli Janin dalam Kandungan

Awas, Asap Rokok Bisa Buat Tuli Janin dalam Kandungan

Satu lagi alasan untuk menghindari rokok dan asap rokok selama masa kehamilan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa janin yang banyak terpapar asam rokok saat dalam kandungan berisiko lebih tinggi mengalami ketulian saat remaja.

Hasil ini didapatkan peneliti setelah mengamati 1.000 anak berusia 12 - 15 tahun pada tahun 2005 - 2006 di US National Health Examination Survey. Sekitar 16 persen remaja diketahui terkena paparan asap rokok saat masih berada dalam kandungan.

Penelitian menunjukkan bukti bahwa janin yang terkena paparan asap rokok memiliki risiko tiga kali lebih besar untuk mengalami ketulian satu telinga atau memiliki pendengaran yang buruk dibandingkan dengan janin yang tak pernah terpapar asap rokok. Meski begitu penelitian tak bisa menunjukkan bukti adanya hubungan sebab-akibat antara merokok saat hamil dengan masalah pendengaran pada bayi.

"Meski begitu, peningkatan risiko hingga tiga kali lipat pada remaja yang terpapar asap rokok saat masih dalam kandungan tentu mengkhawatirkan," ungkap ketua peneliti Dr Michael Weitzman dari NYU School of Medicine in New York City, seperti dilansir oleh US News (20/06).
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index