40 Petani dan Nelayan Meranti Siap Ikuti KTNA XIV di Malang

40 Petani dan Nelayan Meranti Siap Ikuti KTNA XIV di Malang
SELATPANJANG - Sebanyak 40 orang petani dan nelayan yang tergabung dalam Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau akan mengikuti Pekan Nasional (Penas) KTNA di Malang Jawa Timur pada 7-12 Juni 2014 mendatang. 
 
Berbagai kegiatan temu tani se nusantara itu diharapkan mampu meningkatkan keterampilan dan ajang prmosi daerah. 
 
Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kepulauan Meranti Yulian Norwis, didampingi Ketua KTNA Kepulauan Meranti Muslim Nasir, Sekretaris KTNA Asnawi Nazar, menjelaskan ke 40 orang yang diberangkat tersebut meliputi para petani, nelayan, peternak dan semua yang meliputi KTNA Kepulauan Meranti.
 
"Jadi kegiatan ini melibatkan tiga dinas, yakni DPPKP, Dinas Kehutan dan Perkebunan serta Dinas Kelautan dan Perikanan. Nanti masing-masing akan mendampingi para KTNA yang kita bawa ini," ungkapnya.
 
Ditambahkan Sekretaris KTNA Kepulauan Meranti, Asnawi Nazar, Penas KTNA XIV di Malang itu merupakan agenda rutin sebagai wadah temu wicara dan berbagi pengalaman serta ilmu di bidang pertanian maupun peternakan.
 
"KTNA ini bukan hanya ajang wisata atau pertemuan sia-sia. Tapi dipenuhi dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan para anggota KTNA termasuk dalam menggunakan teknologi," kata Nazar.
 
Lebih jauh ia menerangkan dalam Penas KTNA nanti, Meranti sengaja mengambil satu slot untuk menampilkan berbagai macam produk pertanian, perekebunan maupun perikanan yang menjadi potensi daerah ini. "Termasuk menampilkan miniatur mesin pengolahan sagu yang termasuk dalam ketegori Teknologi Tepat Guna (TTG) karya petani kita," jelasnya.
 
Kegiatan dengan tema melalui pemberdayaan petani nelayan dan teknologi tepat guna (TTG) kita kembangkan daya saing perekonomian nasional dalam rangka peningkatan pendapatan petani dan nelayan itu nantinya juga direncanakan akan bertemu langsung dengan presiden SBY untuk berdialog.(rep05/rtc)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index