Bupati Inhu Resmikan Pasar Soegih Belilas

Bupati Inhu Resmikan Pasar Soegih Belilas

RENGAT - Bupati Indragiri Hulu (Inhu), Yopi Arianto, meresmikan penggunaan Pasar Soegih Belilas Kecamatan Siberida, Kamis (22/5/2014). Pasar dua lantai tersebut dibangun dengan dana Rp15 miliar.

Yopi mengawali peresmian dengan penyerahan kartu dan surat izin menempati los dan lapak secara simbolis. Selanjutnya dilakukan penandatangan prasasti dan pelepasan balon ke udara.
Yopi dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat Kecamatan Seberida, khususnya pedagang untuk bersyukur atas pembangunan Pasar Soegih Belilas.

Meski pembangunan pasar rakyat tidak lepas dari kekurangan tapi jauh lebih bagus dari pasar sebelumnya.

"Pasar Soegih Belilas jauh lebih baik dari pasar rakyat sebelumnya yang kotor, jelek dan becek. Pembangunan pasar rakyat dirancang untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat," ujar Yopi.

Yopi juga mengizinkan pedagang sayur berjualan di halaman pasar pada dini hari hingga pukul 07.30 WIB. Pada malam hari, pasar dapat digunakan untuk pujasera  atau berjualan pecel lele. "Syaratnya, selesai berjualan halaman kembali dikosongkan," ingat Yopi.

Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Inhu, Hasman Dayat, menyatakan, pembangunan Pasar Rakyat Soegih Belilas dilaksanakan dalam dua tahun anggaran dengan total dana Rp15 miliar. Pasar dibangun permanen 2 lantai yang terdiri dari los dan kios.

"Di lantai satu bagian belakang terdapat 40 los basah yang diperuntukkan  pedagang ikan, ayam dan daging. Di tengah bangunan terdapat 112 los basah dan kering yang diperuntukan pedagang sayur, ikan kering, bumbu, santan dan sembako," tutur Hasman, seperti dilansir halloriau.com.

Hasman menjelaskan, di lantai satu bagian depan terdapat 80 kios yang diperuntukan pedagang emas, kelontong, pecah belah dan mainan anak-anak. Sementara di lantai dua terdapat 158 unit kios yang diperuntukkan bagi pedagang pakaian, tas, jilbab dan aksesoris.

Selain itu, ungkap Hasman, pasar juga menyediakan fasilitas umum seperti mushalla, kamar mandi, pos jaga, Kantor Pengelola Pasar dan sejumlah galeri industri.

Camat Seberida, Triyatno SSp dalam sambutannya, Pasar Rakyat Soegih Belilas sudah lama dinanti masyarakat. "Kita harus bersyukur karena memiliki pasar rakyat yang megah," pungkasnya. (cr01/hrc)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index