Ramadan Mendekat, Gepeng di Pekanbaru akan Ditertibkan

 Ramadan Mendekat, Gepeng di Pekanbaru akan Ditertibkan
Pekanbaru-Pemerintah Kota Pekanbaru akan segera melakukan pendataan intensif, terhadap keberadaan gelandangan dan pengemis yang berkeliaran di sejumlah pusat keramaian. Pendataan dilakukan untuk mengantisipasi gepeng musiman yang datang menjelang Ramadan nanti.
 
Asisten IV Bidang Kesra Sekko Pekanbaru, Sentot Djoko Prayitno kepada wartawan, Rabu (21/5) di Pekanbaru mengatakan, pendataan dilakukan berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 12 Tahun 2008 tentang ketertiban sosial. Dimana seseorang dilarang melaksanakan aktivitas mengemis dan menggelandang di tempat umum dan pusat keramaian. "Kita tentu akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan tim yustisi, dalam hal ini Satpol PP untuk menyisir tempat yang biasanya dijadikan sebagai lokasi mangkal para gepeng," urai Sentot.
 
Diakui, selama ini penertiban gepeng masih sia-sia. Pasalnya, ketika melakukan razia, gepeng yang terjaring adalah orang lama. "Untuk itu, kita akan menggesa realisasi pembangunan rumah singgah dan panti sosial untuk membina para gepeng tersebut," urainya.
 
Dikatakan, para gepeng melakukan aktivitas mengemis akibat tidak mempunyai keahlian atau keterampilan. "Jadi setelah rumah singgah selesai dibangun, para gepeng yang terjaring akan diberikan pelatihan keterampilan sesuai bakat dan minat mereka. Cara ini diharapkan bisa menekan jumlah gepeng di Pekanbaru," tukasnya.
 
Sementara untuk merealisasikan rumah singgah tersebut, sekarang pemko baru mendata gepeng yang tertangkap. "Sementara ini kita baru melakukan penertiban dan pendataan. Kalau diharapkan gepeng tersebut bisa langsung hilang di Pekanbaru tentu tidak mungkin, namun kita akan melakukannya dengan bertahap," imbuhnya. (rep05/frc)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index