11 Ribu Hektare Hutan Bengkalis Musnah Dilalap Api

11 Ribu Hektare Hutan Bengkalis Musnah Dilalap Api
Ilustrasi
Riaudaily.com, PEKANBARU - Lebih dari 11.000 hektare lahan termasuk hutan lindung di Kabupaten Bengkalis, Riau, musnah akibat kebakaran yang terjadi dalam waktu empat bulan pertma 2014.
 
"Jumlah pastinya adalah 11.164 hektare. Kebanyakan merupakan kawasan hutan di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis, Burhanuddin, dalam rilis yang diterima Antara, Jumat.
 
Dia mengutip data yang dirangkum oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Dinas Kehutanan Provinsi Riau.
 
Data tersebut mencata jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, luas lahan hutan yang terbakar kali ini jauh lebih besar.
 
"Tahun lalu tidak lebih dari 10 ribu hektare hutan terbakar. Tapi tahun ini, baru empat bulan berjalan sudah lebih 11 ribu yang terbakar," katanya.
Menurut dia, kondisi lahan hutan di Bengkalis saat ini sudah sangat krisis dan mengkhawatirkan sehingga sepantasnya ada antisipasi dini untuk mencegah agar kebakaran hutan tidak kembali terjadi pada musim kemarau yang akan datang.
 
"Kalau sempat terjadi lagi, maka tidak menutup kemungkinan sisa hutan yang sedikit ini akan lenyap," kata dia.(rep01/rpc)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index