Ini Alasan Van Gaal Bawa Pemain Muda Lawan Indonesia

Ini Alasan Van Gaal Bawa Pemain Muda Lawan Indonesia

Jakarta-Pelatih Belanda, Louis van Gaal membeberkan alasannya membawa banyak pemain muda dalam laga persahabatan kontra Indonesia yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, 7 Juni 2013 mendatang.

Mantan pelatih Bayern Muenchen ini bermaksud untuk menambah jam terbang para pemain muda timnas Belanda agar tidak canggung ketika menghadapi turnamen internasional. Bagi van Gaal hasil akhir bukanlah tujuan utama. Meski bermateri mayoritas pemain muda, namun pelatih 62 tahun ini percaya timnya tetap dapat meraih kemenangan.

"Bagi saya saat ini hasil bukanlah tujuan utama. Tapi memberikan kesempatan bermain kepada para pemain muda Belanda adalah sesuatu yang lebih berharga dari apapun karena itu adalah investasi untuk masa depan sepakbola Belanda," tutur van Gaal ketika ditemui di Hotel Shangri La, Jakarta, Rabu 5 Juni 2013.

Tercatat ada sekitar empat pemain muda yang baru menjalani debut. Mereka adalah Lerin Duarte, Dwight Tiendalli, Miquel Nelom, dan Jens Toornstra. "Saya yakin mereka akan berkembang jika terus diberikan kesempatan bermain. Saya pikir Indonesia juga harus menirunya," kata Van Gaal.

"Indonesia punya potensi di bidang sepakbola. Dan saya berpesan agar pengelolaan infrastruktur dan organisasi di sepakbola Indonesia diperbaiki. Dari situlah mutu dan kualitas sepakbola Indonesia bisa meningkat," dia menambahkan.

Timnas Belanda rencananya juga akan menggelar sesi coaching clinic pada Kamis, 6 Juni 2013 besok siang di Lapangan C dan Asiop Apacinti, Senayan, Jakarta. Bukan kepada para pemain van Gaal akan berbagi ilmu, melainkan kepada para pelatih.

"Pelatih harus tahu bagaimana cara melatih yang benar. Jika metodenya benar, maka hasil yang dikeluarkan akan bagus. Jadi saya akan berbagi ilmu kepada para pelatih di Indonesia," beber mantan gelandang Ajax Amsterdam ini. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index