Mohammad Nuh: Guru Curang di UN Bakal Dipidana

Mohammad Nuh: Guru Curang di UN Bakal Dipidana
Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan siswa yang berbuat curang dalam Ujian Nasional akan diberi sanksi. Menurut dia, lembar jawaban siswa tersebut tak akan dinilai.
 
"Pengawas berhak memberikan sanksi langsung. Misalnya, dengan memberi tanda di lembar jawaban sehingga saat diproses scanning langsung ketahuan, tidak dipakai," kata Nuh saat inspeksi mendadak di SMA Negeri 112 Jakarta, Senin, 14 April 2014.
 
Sanksi berbeda akan diberikan kepada guru atau pihak lainnya yang melakukan kecurangan. Menurut Nuh, mereka bisa dibawa ke Kepolisian. "Dibawa ke ranah pidana," ujarnya. Khusus untuk guru, ia juga menyarankan agar mereka diberi sanksi yang berat.
 
Nuh mengatakan Ujian Nasional tahun ini juga diawasi oleh pengawas independen dari universitas. Mereka ikut memantau jalannya ujian tersebut. Saat ditanya perihal pengadaan closed circuit televition (CCTV) untuk mengawasi ujian tersebut, Nuh mengatakan tak mengharuskannya. Namun menurut dia, alat ini bisa membantu pengawasan. "Jadi, dobel pengawasan," ujarnya seperti dilansir Tempo.co. (rep03)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index