Amerika: Tim Pencari MH370 Mulai Menyerah

 Amerika: Tim Pencari MH370 Mulai Menyerah
Jakarta - Tim pencari pesawat Malaysia Airlines MH370 dari Angkatan Laut Amerika Serikat akan menghentikan pencarian jika tidak lagi menemukan bukti atau sinyal terbaru. Kapten Angkatan Laut Amerika Serikat Mark Matthews menyatakan tim bisa menyerah jika tak ada tanda-tanda keberadaan kotak hitam pesawat nahas itu.
 
"Pasti akan datang waktunya kami melempar handuk putih saat sinyal kotak hitam benar-benar hilang," ujar Matthews seperti dilansir Daily Mail, Sabtu, 12 April 2014.
 
Matthews mengatakan sepuluh pesawat dan 14 kapal telah menelusuri area seluas 16 ribu mil persegi di Samudra Indonesia selatan kemarin. Namun, kata dia, tim tak menemukan sinyal kotak hitam tersebut. Dalam beberapa hari ke depan, Matthews dan timnya akan mempersempit daerah pencarian di bawah air.
 
Di dalam tim, Matthews bertanggung jawab atas alat pendeteksi sinyal TPL-25, yang dapat mendeteksi sinyal kotak hitam. Begitu pula Bluefin-21, kendaraan bawah air. Kedua alat tersebut berada di bawah komando Ocean Navy Shield Australia.
 
Selama beberapa mendatang, Angkatan Laut AS mulai menggunakan Bluefin-21 untuk memetakan sonar sekitar 12 mil persegi dasar laut setiap hari sejak sinyal kelima terdeteksi di sekitar 1.500 kilometer sebelah barat laut Perth, Australia Barat. Sinyal itu ditangkap pada Kamis lalu oleh pesawat Air Force Orion P-3 milik Australia, yang telah menjatuhkan pelampung sonar ke atas lautan. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index