Inilah Jurus Rahasia Atletico Hancurkan Barcelona

 Inilah Jurus Rahasia Atletico Hancurkan Barcelona
Madrid-Atletico Madrid berhasil mencatatkan sejarah dengan melaju ke semifinal Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 40 tahun terakhir. Pelatih Diego Simeone pun girang atas kesuksesan timnya dengan menyingkirkan Barcelona di Stadion Vicente Calderon, Madrid. Seperti dilansir Goal, Kamis, 10 April 2014, mereka menerapkan sistem pressing yang ketat di lapangan tengah.
 
"Kami tidak membiarkan Xavi dan Iniesta untuk berpikir saat menguasai bola," kata Simeone soal rahasia keberhasilan timnya. Taktik pressing ketat itu pun manjur, karena dua jenderal lapangan tengah El Barca mati kutu. Aliran bola dari tengah ke Lionel Messi pun tersendat, sehingga gagal mencetak gol dalam pertandingan tersebut.
 
Simeone mengatakan, dia sengaja menginstruksikan para pemainnya untuk tidak terbawa dengan pola permainan tim tamu. Para pemain tengah Atletico pun disebutnya sengaja membiarkan gelandang Barca untuk menguasai bola lebih lama. Namun, penguasaan bola yang lama itu diimbangi dengan pressing ketat. Akibatnya, Barca memang menguasai pertandingan tapi pola permainannya tidak berkembang.
 
"Ketika kami kehilangan bola, maka seluruh tim bekerja dengan amat keras," ujar pelatih asal Argentina tersebut. Dia pun menyebut strategi timnya berjalan dengan sangat baik terutama pada 20 menit pertama. Apalagi, Atletico berhasil unggul cepat di awal pertandingan lewat gol yang diciptakan oleh Koke pada menit ke-5.
 
Dia juga memuji penyerang Adrian Lopez yang diplot sebagai pengganti Diego Costa yang cedera. Meski berposisi sebagai penyerang, pemain asal Spanyol itu juga turut membantu pertahanan saat timnya kehilangan bola. "Dia ikut melakukan pressing dan membantu tim setiap saat, saya senang dia telah kembali," ujar Simeone, 43 tahun.
 
Namun, mantan kapten tim nasional Argentina ini meminta pemainnya untuk tidak larut dalam kegembiraan yang berlebihan. Dia mengatakan, Atletico kini harus fokus pada kompetisi Liga Spanyol yang akan kembali digelar akhir pekan nanti. Fokus itu menjadi penting karena mereka membawa misi untuk mempertahankan posisinya di puncak klasemen sementara. "Kami senang bisa mengalahkan tim hebat, dan sekarang kami harus memulihkan diri untuk menghadapi pertandingan Ahad nanti," ujar dia. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index