Weleh, Malaysia Ralat Perkataan Terakhir Ko-pilot

 Weleh, Malaysia Ralat Perkataan Terakhir Ko-pilot
Petaling Jaya-Kementerian Transportasi Malaysia meralat perkataan terakhir antara ko-pilot pesawat Malaysia Airlines MH370 dengan pengawas bandara. Perubahannya pun dinilai cukup jauh.
 
"Kami ingin mengkonfirmasi perubahan perbincangan terakhir dalam transkrip antara pihak pengawas bandara dengan kokpit (MH370) pada pukul 01.19 (8 Maret 2014). Perkataan terakhirnya adalah 'Good night, Malasyian three seven zero'," pernyataan Kementerian Transportasi Malaysia, seperti dikutip The Star, Senin (1/4/2014).
 
Sebelumnya rekaman percakapan terakhir menunjukkan, "All right, good night". Percakapan tersebut terjadi sekira dua menit sebelum pemancar pesawat dinon-aktifkan pada Sabtu 8 Maret 2014.
 
Pihak Malaysia Airlines menyakini bahwa suara itu adalah suara dari ko-pilot Fariq Abdul Hamid. Pihak Kementerian pun telah menginstruksikan penyelidikan dari keseluruhan transkrip dari percakapan kokpit tersebut.
 
Sebelumnya, suratkabar the Sunday Star mengutip perkataan dari seorang pejabat Otoritas Penerbangan Sipil mengenai ucapan terakhir dari pengawas lalu lintas bandara dengan pilot. Ucapan itu berisi, "MH370, Ho Chi Minh 1270, good night".
 
Kokpit pun membalasnya dengan ucapan, "Malaysian 370, good night" bukan "All right, good night" seperti yang dilaporkan oleh beberapa suratkabar di Inggris. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index