SBY Tunjuk Syamsul Maarif Tangani Kabut Asap Riau

SBY Tunjuk Syamsul Maarif Tangani Kabut Asap Riau
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mendengarkan penjelasan dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Ma'arif tentang kondisi terkini bencana asap di Riau. Presiden mengatakan, perlu operasi terpadu sehingga Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana kabut asap di Riau bisa dibentuk.  
 
Presiden menunjuk Kepala BNPB untuk memimpin Satgas tersebut. Presiden menuturkan tiga operasi terpadu yang perlu dilakukan yakni pemadaman api dan asap, perawatan dan pelayanan kesehatan bagi korban bencana, dan penegakkan hukum. "Ketiga kegiatan utama ini berjalan secara simultan dan dipimpin langsung oleh Kepala BNPB Syamsul Ma'arif," ujar Presiden, kemarin.
 
Alasan penunjukan Kepala BNPB sebagai komandan satgas karena selama ini BNPB dinilai efektif memimpin operasi tanggap darurat di seluruh Tanah Air. Sebagai wakil komandan akan disiapkan satu perwira tinggi dari TNI berpangkat Mayor Jenderal yang juga akan membantu penuh dan ikut mengendalikan operasi di lapangan. Sementara, komandan satgas pemadaman api dan asap akan dijabat oleh Komandan Korem.
 
Adapun satgas pelayanan dan perawatan kesehatan akan ditunjuk pejabat senior dari instansi kesehatan wilayah. "Satgas penegakan hukum akan dipimpin oleh Kapolda yang sekarang aktif menangani bersamas dengan unsur kejaksaan daerah dan penegak hukum yang lain," kata Presiden.
 
Peningkatan operasi terpadu ini, lanjutnya, akan dilaksanakan selama 3 minggu. "Dengan catatan, mana kala masih diperlukan atau ada perubahan keadaan karena kita tidak bisa kontrol unsur iklim dan cuaca bisa saya perpanjang. Tapi saya harapkan, dalam 3 minggu ini tugas pokok bisa dilaksanakan," ujar Presiden. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index