20 Juni, Semua Halte di Pekanbaru Selesai Dibangun

 20 Juni, Semua Halte di Pekanbaru Selesai Dibangun

PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru menargetkan pembangunan 182 koridor halte tuntas tanggal 20 Juni mendatang. Pasalnya

sehari setelah itu 50 bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) akan di launching penggunaannya oleh Walikota Pekanbaru Firdaus MT.

"Makanya kini pembangunan  halte ini di gesa  untuk mendukung pengoperasian bus Transmetro Pekanbaru, yang akan di lounching tanggal 21 Juni 2013," ujar Firdaus.

Katanya, meski sempat di lakukan pembongkaran di beberapa titik. Akibat salah letak dan mengganggu pajalan kaki.  Namun di harapkan semuanya tuntas di bangun tepat waktu. "Ada 82 unit halte  permanen dan 100 portable, dengan nilainya  sebesar Rp4 miliar," katanya.

Halte dibangun di lima koridor bus yang akan dioperasikan, sehingga berada di sejumlah jalan kota, jalan provinsi dan jalan nasional. Pada tahun 2013 ini. Halte permanen yang dibangun ini menggunakan batu bata dan adukan semen, diperkirakan satu halte menelan biaya Rp 4 juta rupiah.

Bentuk halte permanen ini, berupa jenjang yang terdiri dari empat anak tangga. Setiap anak tangga memiliki tinggi sekitar 30 centimeter dan total tinggi jenjang ini sekitar 120 meter. Pada bagian paling atas ada anjungan arah ke jalan, dan di belakang halte ada empat pondasi tiang beton yang dilengkapi setiap pondasi tiang itu empat baut.

Halte ini tidak memiliki dinding atau berbeda dengan halte bus transmetro sebelumnya. Halte ini hanya akan memiliki jenjang untuk naik bus dan atap yang akan dipasang pada tiang di bagian belakang, dengan bentuk melengkung ke arah depan. Atap ini tidak dari seng, melainkan dari polikarbonat. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index