Gepeng Menjamur karena Pekanbaru tak Punya Panti Rehabalitasi

 Gepeng Menjamur karena Pekanbaru tak Punya Panti Rehabalitasi


PEKANBARU-Dinas Sosial Kota Pekanbaru mengaku pesimis untuk bisa mengatasi para Gelandangan dan Pengemis (Gepeng). Pasalnya, di Pekanbaru saat ini belum memiliki Panti Rehabilitasi untuk mengatasi masalah gepeng.

"Kendala kita untuk mengatasi para Gepeng ini ya karena kita tak memiliki Panti Rehabilitasi. Ya karena seperti sebelum-sebelumnya, setelah dilakukan penangkapan lalu dikembalikan ke kampung masing-masing, mereka akan datang lagi," kata Kabid Rehabilitasi Sosial, Eli Farsya, Rabu (5/3/2014).

Ia menjelaskan lagi jika seandainya Panti ada, setelah dilakukan penangkapan, pihaknya akan bisa memberikan pelatihan dan juga bimbingan. "Kita akan bisa berikan pelatihan. Disanalah kita akan beri pelatihan keagamaan, keterampilan, sehingga mereka tidak akan kembali ke jalan," jelasnya.

Ditanya terkait apa program yang dilakukan untuk mengatasi Gepeng tahun ini, Eli menjelaskan jika pihaknya hanya bisa melakukan program yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya. "Selama tak ada Panti Rehabilitasi, akan sama saja, gepeng akan terus berkeliaran di Pekanbaru," tegasnya.

Terakhir, Eli mengimbau masyarakat untuk tidak memberikan sumbangan pada para Gepeng yang berkeliaran tersebut. "Nanti mereka keenakan kalau dikasih terus," singkatnya. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index