Dibuka Lowongan 100 Ribu CPNS Untuk 2014

Dibuka Lowongan 100 Ribu CPNS Untuk 2014

JAKARTA-Dalam Rapat Kabinet terbatas yang dipimpin langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Jumat (7/2/2014), diputuskan dibuka 100 ribu lowongan CPNS dari jalur umum di tahun 2014.

Angka ini jauh meningkat dari tahun 2013 yang hanya 65 ribu lowongan CPNS.

"Tahun ini Insya Allah kita akan buka lagi untuk umum. Sekitar 100 ribu. Insya Allah antara Juni dengan Juli, sebelum atau sesudah pilpres. Kita perlu orang-orang yang baik untuk kita terima," kata Menteri PAN-RB Azwar Abubakar, dalam jumpa pers di Kantor Presiden, kompleks Istana Negara, Jakarta, Jumat (7/2/2014).

Pemerintah, lanjut Azwar, menjamin tes CPNS akan adil, dengan menggunakan sistem komputerisasi dalam tes masuknya.

Azwar mempersilakan para peserta CPNS yang gagal tes 2013, untuk mendaftar lagi pada kesempatan berikutnya. Terutama untuk para guru, tenaga kesehatan dan medis serta para penyuluh. Passing grade setiap daerah, tutur dia, tidak sama.

Untuk para honorer guru dan penyuluh yang gagal lulus tes CPNS, kata dia, Kemenpan-RB akan mengadakan kerjasama dengan Kemendikbud untuk memberikan pelatihan dan peningkatan kualitas guru agar bisa lolos dalam seleksi CPNS 2014.

"Kita sudah bantu dengan afirmasi masa kerja, terhadap umur para (honorer) guru, penyuluh. Kalau pun tidak terangkut, belajar lagi lah, daftar lagi. Kita sayang pada guru yang sudah lama mengajar, tapi guru juga harus coba berusaha untuk penuhi standar kompetensi, karena dia juga menjadi ujung tombak untuk masa depan muridnya," tandas menteri asal Aceh itu.

Dia memperkirakan ujian penerimaan CPNS 2014 akan digelar pada pertengahan tahun di periode sekitar pemilihan presiden putaran I. Azwar mengundang seluruh warga negara Indonesia yang berminat untuk mengikuti proses penerimaan tersebut.

''Insya Allah antara Juni-Juli, sebelum atau sesudah Pilpres, kita perlu orang-orang yang baik untuk kita terima,'' kata Azwar. (*)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index