Bupati Harris: Semangat Kebersamaan Kunci Ekonomi Tangguh

 Bupati Harris: Semangat Kebersamaan Kunci Ekonomi Tangguh
PELALAWAN-Saat ini, untuk menciptakan ekonomi yang mapan, maka semangat kebersamaan perlu ditingkatkan dari potensi keberagaman seperti Kota besar lainnya di Indonesia. Apalagi Kabupaten Pelalawan sendiri juga merupakan sebuah wilayah yang diisi oleh keanekaragaman suku.
 
"Setelah semangat kebersamaan dalam keberagaman yang telah dibangun, maka kondisi keamanan dan ketertiban merupakan faktor esensi lainnya yang tidak kalah penting," terang Bupati Pelalawan HM Harris pada media ini terkait potensi kebergaman, Jumat (27/12) kemarin di Pangkalan Kerinci.
 
Harris mengatakan, bahwa keanekaragaman itu bukan saja dari wilayah yang terdiri dari pulau, sungai, laut dan daratan. Tetapi juga dari segi agama, budaya dan suku. Penciptaan iklim yang kondusif secara berkelanjutan dari kedinamikaan dalam keanekaragaman merupakan modal sosial untuk mendukung mewujudkan ekonomi rakyat yang mapan.
 
"Dan keberhasilan membangkitkan semangat kebersamaan yang berada di kalangan masyarakat, sesungguhnya dapat mewujudkan ekonomi masyarakat yang mapan. Pasalnya, kebersamaan dari keberagaman yang dimiliki ini, dapat saja menimbulkan beberapa kemungkinan dalam melaksanakan pembangunan. Sebab keberagaman dapat menimbulkan implikasi yang positif maupun negatif. Sedangkan keberagaman dapat menimbulkan implikasi positif, apabila keragaman yag ada dapat dijadikan sebuah kekuatan untuk mencapai tujuan bersama yakni membangun Kabupaten Pelalawan agar maju dan makmur dari segi ekonomi," ujarnya.
 
Tapi sebaliknya, sambung mantan Ketua DPRD Pelalawan ini, keberagaman akan menjadi negatif jika hal itu dipandang sebagai tumpukan perbedaan demi perbedaan. Karena itu, dirinya memandang bahwa peluang implikasi positif dan negatif memang tidak jauh berbeda bahkan berimbang.
 
"Oleh sebab itu kehadiran institusi keamanan seperti pihak Kepolisian dan TNI merupakan bagian dari penjaga stabilitas bagi penciptan iklim yang kondusif. Pasalnya, garansi terciptanya iklim yang aman serta terkendali merupakan pintu masuk dan berkembangnya investasi dalam dan luar negeri. Dan perkembangan investasi yang dibackup situasi yang kondusif tersebut, maka dapat memperkuat dan mewujudkan ekonomi yang mapan di Ngeri Amanah ini," tutupnya. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index