Politeknik dan KT Pelita Masa Juara Napak Tilas Hari Pahlawan dan HKSN

Politeknik dan KT Pelita Masa Juara Napak Tilas Hari Pahlawan dan HKSN
BENGKALIS - Dari 42 peserta lomba napak tilas sempena Hari Kesetiakawanan Nasional (HKSN) sekaligus Hari Pahlawan, sebanyak 39 peserta berhasil mencapai finish sepanjang 44,7 KM. Perjalanan yang ditempuh selama 2 hari itu, dimenangkan Politeknik dari kelompok pelajar dan Karang Taruna (KT) Pelita Masa dari kelompok umum.
 
Penyerahan hadiah dilakukan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis, Darmawi di Bumi Perkemahan Pramuka Jalan Kelapapati Bengkalis, Rabu (25/12). Para pemenang mendapatkan hadiah total senilai Rp55 juta yang dibagikan kepada juara 1 hingga juara harapan 3 kepada dua kelompok peserta, pelajar dan umum.
 
Secara rinci untuk juara 1 kelompok pelajar diraih Politeknik (Regu 1) dengan hadiah uang sebesar Rp15 juta, juara 2 SMA 5 (Regu 1) mendapatkan uang sebesar Rp12 juta, juara 3 MAN (Regu 2) mendapatkan uang sebesar Rp10 juta, juara harapan 1 Politeknik (Regu 2) mendapatkan uang sebesar Rp8 juta, juara harapan 2 SMA 5 (Regu 2) mendapatkan uang sebesar Rp6 juta, dan juara harapan 3 SMA 3 (Regu 1) dengan hadiah berupa uang sebesar Rp4 juta.
 
Dari kelompok umum, juara 1 Kelompok Umum Karang Taruna Pelita Masa, juara 2 Ikatan Pemuda Pedekik, juara 3 Nurul Hidayah, juara harapan 1 Remaja Mushola Darul Mutakin, juara harapan 2 Karang Taruna Muda Bakti, dan juara harapan 3 PEBDA. Peserta kelompok umum ini juga mendapatkan hadiah berupa uang, jumlahnya yang sama dengan kelompok pelajar.
 
Kegiatan napak tilas dengan rute menempuh jalan-jalan perjuangan, berlangsung selama dua hari. Pada hari pertama menempuh rute 20 KM dan dilanjutkan pada hari kedua 24,7 KM dengan total 44,7 KM. Sementara rute yang dilalui adalah untuk hari pertama start Jl A Yani (Kantor Bupati) -  Jl  Jend Sudirman - Jl Bantan – Jl  Antara - Kampus STIE Syariah - Jl Baru Air Putih menuju Selatbaru - Jl Kelebuk - Jl Penawar Lapis (lapangan bola Selatbaru)Selanjutnya pada hari kedua dari lapangan bola Selatbaru - Jl Jaafar Resam - Jl Pasiran - Jl Rajimun - Jl Raya Bantan - Jl Lembaga - Jl Soekarno - Jl Perjuangan - Jl Wonosari Tengah - Jl Perjuangan 2 - Jl Wonosari Barat - Jl Makam - Jl Kelapa Sari- Jl Baru - Jl Desa Pedekik- Jl Kelapapati Darat - finish.
 
Wabup H Suayatno mengatakan, kegiatan napak tilas sempena peringatan Hari Kesetiakawanan Nasional dan sekaligus Hari Pahlawan, bukan semata-semata sebagai kegiatan wisata alam dan seremonial tahunan. Namun lebih dari itu sebagai upaya untuk mengobarkan semangat juang bagi masyarakat dan khususnya generasi muda.
 
''Melalui napak tilas ini, para peserta akan merasakan jerih payah para pejuang yang penuh dedikasi mengusir penjajah dari negeri yang kita cintai,'' katanya.
 
Melalui pertemuan yang penuh keakraban ini, masyarakat diminta untuk menyimak kembali perjalanan sejarah perlawanan para pejuang di Desa Pedekik, Kecamatan Bengkalis. Â Kala itu para pejuang tidak pernah mengenal panas, hujan maupun dinginnya cuaca di malam hari, namun dengan semangat juang dan barengi kesetiakawanan. dilansir goriau.com. (rep10)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index