Luar Biasa, Indonesia ke Final Setelah Libas Malaysia

 Luar Biasa, Indonesia ke Final Setelah Libas Malaysia
NAYPYIDAW-Tim nasional Indonesia U-23 melaju ke final cabang sepak bola SEA Games 2013 seusai menyingkirkan Malaysia 4-3 lewat adu penalti pada semifinal cabang sepak bola SEA Games 2013 di Stadion Wunna Theikd, Kamis (19/12/2013). Adu penalti dilakukan setelah kedua tim bermain imbang 1-1 hingga tambahan waktu. 
 
Empat penendang Indonesia yang sukses mengeksekusi penalti adalah Alfin Tuasalamony, Diego Michiels, Yandi Sofyan, dan Yohanes Pahabol. Hanya Manahati Lestusen yang gagal setelah tendangannya melayang ke atas mistar gawang Malaysia. 
 
Sementara itu, tiga penendang Malaysia yang mampu menjalankan tugasnya dengan baik yaitu Nazmi Faiz, Fadhli Shas, dan Rozaimi bin Abdul Rahman. Skuad Harimau Malaya kalah karena dua sepakan Thamil Arasu dan Shahrul Saad mampu ditepis dengan baik oleh kiper Indonesia, Kurnia Meiga. 
 
Di waktu normal, Indonesia unggul lebih dulu pada babak pertama berkat gol yang diciptakan Bayu Gatra pada menit ke-30. Menerima umpan Fandi Eko Utomo, Bayu Gatra sukses melepaskan tendangan yang bolanya tak mampu dihalau kiper Malaysia, Izham Tarmizi.
 
Sepanjang babak pertama, kedua tim silih berganti melancarkan serangan. Namun, Malaysia terlihat kesulitan menembus pertahanan Indonesia sehingga membuat mereka mencoba memancing bola dengan menguasai bola di tengah.
 
Indonesia pun mampu menciptakan beberapa peluang emas. Pada menit ke-26, misalnya, saat bola tendangan Yandi masih membentur tiang gawang Bola. Dua menit berselang, dia kembali mendapatkan kesempatan. Namun, bola tendangannya masih dapat diblok barisan belakang Malaysia.
 
Peluang terbaik Malaysia diciptakan Fadhli Shas pada injury time. Sayang, meski sudah berdiri bebas di depan gawang Indonesia, bola tendangannya seusai menerima umpan tendangan bebas Irfan Fazail masih melambung di atas mistar gawang Kurnia Meiga.
 
Selepas turun minum, Indonesia terlihat menurunkan tempo permainan. Hal itu pun dimanfaatkan kubu Malaysia yang beberapa kali mampu mengancam pertahanan Indonesia. 
 
Usaha itu pun membuahkan hasil pada menit ke-84. Berawal dari tendangan pojok, Thamil Arasu mengontrol bola di depan gawang Indonesia dan kemudian langsung melepaskan tendangan keras yang bolanya masuk ke pojok kanan gawang Indonesia.
 
Indonesia sempat mendapatkan peluang emas untuk kembali unggul pada menit ke-90. Namun sayang, bola sundulan Andik Vermansah seusai menerima umpan silang Bayu Gatra masih menyamping di sisi kanan gawang Malaysia. 
 
Pada babak tambahan, Malaysia masih terlihat menguasai jalannya pertandingan. Akan tetapi, Indonesia juga mampu menciptakan sejumlah peluang di depan gawang Malaysia. Namun, karena tidak ada gol yang tercipta maka pertandingan pun dilanjutkan ke babak adu penalti. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index