Tunggakan Pelanggan PLN Capai Rp2,9 Miliar

Tunggakan Pelanggan PLN Capai Rp2,9 Miliar

BENGKALIS - Upaya mendsiplinkan pelanggan untuk membayar tagihan rekening listrik tepat waktu yang dilakukan PLN selama ini sepertinya belum membuahkan hasil. Buktinya, tunggakan rekening listrik pelanggan PLN Rayon Bengkalis mencapai Rp2,950 miliar.

Angka ini bukanlah jumlah yang kecil bagi PLN Rayon Bengkalis, dan sangat berdampak pada operasional PLN itu sendiri. Kendati demikian  pelayanan maksimal kepada pelanggan tetap dilakukan. Hanya saja sikap tegas terpaksa dilakukan terhadap pelanggan yang menunggak, pemutusan aliran dan meteran di rumah pelanggan.

"Kita terpaksa bersikap tegas dengan melakukan pemutusan sementara dengan membongkar MCB bagi pelanggan yang belum membayar tagihan lkstriknya sampai jatuh tempo taggal 20'setiap bulannya,"ujar kepala PLN Rayon Bengkalis, Andi Prasetiawan, Minggu (15/12)

Tim Grebek tunggakan rekening listrik ini kata Andi sudah nulai turun ke lapangan untuk melakukan pemutusan. Pihaknya tak bisa lagi bertoleransi karena ini memamg sudah peraturan, dan bukan kali ini saja diberlakukan. Namun pelanggan sepertinya tetap kurang mengindahkan.

"Bagi pelanggan yang menunggak lebih dari satu lembar rekening, kita terpaksa membongkar APP atau meteran listrik tangga 1 di bulan berikutnya. Bagi pelanggan yang telah dibongkar meteran listiknya, secara otomatis diarahkan migrasi ke prabayar. Tentunya dengan membayar tagihan rekening listrik, biaya penyambungan sebagaimana permohonan sambungan baru. Selain juga membayar sisa pemakaian listrik dari terakhir dicatat dengan proses migrasi," papar Andi.

Kendati tidak mrinci pelanggan mana saja yang punya tunggakan besar, namun menurut Andi dari jumlah tunggakan sebesar Rp2,950 miliar itu, sebesar Rp2,81 miliar adalah tunggakan berjalan. Sisanya Rp128,7 juta tunggakan yang sudah lewat jatuh tempo. Memghindari pemutusan aliran listrik, ia memghimbau pelanggan untuk segera membayar tagihan listrim sebelum petugas PLN datang ke rumah pelanggan. dilansir metro riau. (rep10)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index