Herliyan Lantik Empat Pj Kades

 Herliyan Lantik Empat Pj Kades
RUPAT- Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh, melantik empat Penjabat (Pj) Kepala Desa (kades) pemekaran di Kecamatan Rupat, Kamis (12/12). Herliyan berpesan, pemekaran wilayah jangan memutus ikatan emosional antara penduduk di desa induk dengan desa pemekaran. Karena, tujuan pemekaran desa hanyalah sebatas berpisah dari segi administrasi untuk memperpendek rengtang pelayanan publik.
 
Lanjutnya, dengan pemahaman seperti itu, maka baik masyarakat antar dua desa maupun para aparatur desa hendaknya tetap menjalin hubungan silaturrahmi seperti sedia kala. Khususnya bagi, pejabat kepala desa pemekaran, sudah sewajarnya bertanya dan belajar kepada kepala desa induk yang sudah lebih dulu berpengalaman.
 
“Terutama dalam hal program kerja untuk membangun desa pemekaran ini, agar menjadi desa yang mandiri dan maju. Intinya pemekeran desa ini semata-mata dalam upaya pemerataan pembangunan,” kata Herliyan Saleh.
 
Empat penjabat kades pemekaran yang dilantik adalah Suwito selaku Pj Kades Pancur Jaya, Misrianto selaku Pj Kades Pangkalan Pinang, Jabarudin selaku Pj Kades Sri Tanjung dan M Rias selaku Pj Kades Dungun Baru, yang berada di Kecamatan Rupat. Disamping empat Pj Kades tersebut, turut juga dilantik Kades definitif, yaitu Azman yang sudah dua periode menjabat Kades Sei Cingam.
 
Herliyan mengatakan, pemekaran desa baru, pada hakikatnya merupakan penegasan dari masyarakat desa yang ingin membangun wilayahnya secara mandiri. momentum peresmian desa harus dibarengi dengan kesadaran akan tujuan dari pemekaran desa adalah untuk mengoptimalkan dan mempercepat pelayanan masyarakat di tingkat desa.
 
Kepada Pj Kades pemekaran yang baru saja dilantik, Herliyan Saleh meminta untuk bergerak cepat dan gesit dalam menata organisasi pemerintah desa, seperti melakukan rekruitmen perangkat desa, memfasilitasi pembentukan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan penataan kantor desa. Selain tugas-tugas rutin memberikan pelayanan kepada masyarakat, diharapkan kepada penjabat kepala desa juga harus dapat menjaga kewibawaan lembaga Pemerintah Desa.
 
Herliyan Saleh juga mengucapkan selamat kepada empat Pj Kades pemekaran yang baru saja dilantik. "Mudah-mudahan kepercayaan yang diberikan menjadi sebuah kekuatan dalam upaya menata pemerintahan desa yang baru dimekarkan in. Karena, wujud dari pemekaran wilayah adalah demi pemerataan pembangunan," ujarnya. (rep10)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index