Jembatan Siak III Ditutup 5 Bulan

Jembatan Siak III Ditutup 5 Bulan
PEKANBARU - Setelah mengalami penundaan berkali-kali, akhirnya Jembatan Siak III Pekanbaru ditutup mulai Rabu (4/12/2013) sampai 5 bulan ke depan. Penutupan jembatan tersebut baru dilakukan setelah komponen pembangunan jembatan seperti hangger tuntas dirakit. Jalan di bawah Jembatan Siak III sebagai jalan akses baru dari arah Jalan Yos Sudarso ke pusat kota juga selesai dicor.
 
Pantauan lapangan, begitu Jembatan Siak II tutup, sudah terlihat kemacetan di Jembatan Siak 1. Akses jalan menuju Jalan Riau dialihkan ke Jembatan Siak I. Sedangkan beberapa mobil truk terpaksa memutar arah melalui Jembatan Siak II. Tampak juga  di Jalan Yos Sudarso tepatnya di Jembatan Siak I petugas Polantas dari Polresta dan Dinas Perhubungan sibuk mengatur jalan.
 
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Riau, SF Haryanto menyebutkan, penutupan Jembatan Siak III baru bisa dilakukan karenakan masih ada beberapa poin penyempurnaan yang direkomendasikan tim bersama dalam rencana penutupan akses infrastruktur tersebut. Serta ada beberapa persiapan yang belum rampung seperti belum didirikannya tenda-tenda untuk para pekerja dan petugas dan selesainya rambu-rambu lalulintas. "Hari ini (Rabu) pukul 08.00 WIB kita resmi menutup Jembatan Siak III kemungkinan akan memakan waktu 4 hingga 5 bulan," terangnya.
 
Dikatakan Hariyanto, proses penutupan sudah menjadi komitmen bersama untuk melakukan perbaikan. Dia mengharapkan langkah tersebut menjadi solusi menjawab pertanyaan masyarakat tentang perbaikan Jembatan Siak III. "Seperti komitmen awal, kita sudah mendesak kontraktor pelaksana untuk menggesa perbaikan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah disetujui tim ahli. Dalam hal ini kita akan mengawal agar proses tersebut berjalan lancar," urainya.
 
Sementara Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau Adizar mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota dan pihak Kepolisian mengenai pengalihan rute transportasi.  "Dengan tutupnya Jembatan Siak II untuk sementara memang akan terjadi kemacetan," katanya.
 
Senada dengan itu, Kasat Lantas Polresta Pekanbaru Kompol M Mustofa melalui Wakasat AKP Suratman menyebutkan penutupan Jembatan Siak II ini akan menimbulkan kemacetan karena akses jalan yang biasanya dua arah menjadi satu arah ke kota. "Kami sudah mempersiapkan semuanya seperti rambu-rambu lalu lintas dan petugas juga sudah diturunkan untuk mengatasi kemacetan. Selama perbaikan, sementara untuk truk kami alihkan ke Jembatan Siak II," sebutnya.
 
Satlantas menurunkan 20 personil untuk mengatur lalu lintas. Namun proses penutupan akses transportasi tersebut tidak menghambat pelayanan publik. "Kita memang melakukan pengaturan lalu lintas karena ada perbaikan Jembatan Siak III. Pasti akan ada kepadatan, untuk itu kita menghimbau kendaraan agar tidak terlalu memaksakan sehingga tidak menumpuk,'' ungkapnya.
 
Dia juga menambahkan, untuk mengeliminir kemacetan juga dilakukan beberapa perubahan rute. Seperti akses putaran (u  turn) di depan Hotel Mutiara Merdeka dan di Jalan Wakaf serta beberapa titik lainnya. (rep1)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index