Jalan Menuju Pusat Pudaya Petalangan Belum Diaspal

 Jalan Menuju Pusat Pudaya Petalangan Belum Diaspal
PELALAWAN - Jalan akses menuju Pusat Budaya Petalangan di Desa Betung, Pangkalankuras  sampai kini tak tersentuh pengaspalan. Karena itu, Pemkab dan PT Arara Abadi yang juga sering melintasi jalan tersebut didesak melakukan perbaikan.
 
Hal itu disampaikan Sekretaris Komisi C DPRD Pelalawan Habibi Hapri di sela-sela melayat ke rumah duka atas berpulangnya tokoh adat A Munir BS, Senin (2/12). "Desa Betung itu menyandang sebagai Pusat Budaya Petalangan. Hal itu ditandai dengan berdirinya sejumlah bangunan di atas Danan Betung untuk melangsungkan berbagai prosesi adat di sana. Namun, sangat miris dengan kondisi jalan tanah bercampur batu ketika menuju ke sana," katanya.
 
Habibi mengatakan jalan akses menuju Desa Betung yang berjarak mencapai 20-an kilometer dari ibukota Pangkalankuras, Sorek Satu tidak pernah disentuh aspal. Jalan  akses itu juga dilewati armada pengangkut kayu balak yang mencapai puluhan ton oleh perusahaan Hutan Tanaman Industri, PT Arara Abadi. "Itu yang menjadi persoalannya. Bisa saja kita di dewan menganggarkan pengaspalannya tahun 2014 nanti, namun Pemda hanya mampu membangun jalan aspal yang bertonase 8 ton," katanya.
 
Karena itu, lanjut Habibie, pihaknya mendesak agar antara Pemda, PT Arara Abadi dan DPRD, supaya bisa duduk bersama untuk mencari solusinya. "Bisa saja perusahaan sharing budget  dengan Pemda membangun jalan aspal yang bertonase besar," ungkapnya.
 
Namun jika PT Arara Abadi tidak mendukung program Pemkab itu, sambungnya, maka armada perusahaan jangan melewati akses yang akan di aspal tersebut. Dengan kata lain, dipersilahkan armada perusahaan mencari jalan lain dan jangan menginjak jalan aspal itu. "Karena jika kita tetap ngotot melanjutkan pengaspalan yang hanya berkekuatan 8 ton, diyakini jalan tak akan berumur panjang. Sama halnya jalan di Simpang Ukui menuju Kerumutan hanya mampu bertahan beberapa bulan saja," tegasnya.
 
Ditambahkannya, masyarakat setempat juga berharap agar ruas jalan ke Desa Betung itu diaspal. Mengingat ruas jalan itu telah terlebih dulu ada sebelum PT Arara Abadi menginjakkan kakinya di Pangkalan Kuras. "Jalan itu sudah ada jauh sebelum PT Arara Abadi berinvestasi di sini. Sewajarnya, sebagai wujud tanggung jawab dan kepeduliannya terhadap masyarakat, perusahaan mendukung program Pemkab," tukas salah seorang tokoh perempuan di desa tersebut, Yuni. (rep05/mtr)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index