Bupati Bengkalis Lantik Kades

Bupati Bengkalis Lantik Kades
BENGKALIS - Bupati Bengkalis Herliyan Saleh secara resmi melantik kepala desa dari dua desa pemekaran di Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, yakni Desa Batang Duku dan Desa Pakning, Kamis (28/11).
 
Sekaligus Bersamaan,pelaktikan desa dan pemekaran berlangsung di Aula Serba Guna Kecamatan Bukit Batu ini, juga dilantik penjabat (Pj) kepala desa (Kades), untuk Pj. Kades Pakning Asal dijabat Akmaluddin dan Pj. Kades Batang Duku.
 
Selain itu, Desa Batang Duku dan Desa Pakning Asal Kecamatan Bukit Batu merupakan pemekaran dari Desa Sungai Selari dan Desa Sejangat.
 
"Peresmian desa baru merupakan penegasan dari masyarakat desa yang ingin membangun wilayahnya secara mandiri. Momentum ini harus dibarengi dengan kesadaran, tujuan dari pembentukan atau pemekaran desa yakni mengoptimalkan dan mempercepat pelayanan masyarakat di tingkat desa," ungkap Bupati Bengkalis Herliyan Saleh.
 
Herliyan juga berpesan, pemekaran desa hanya sebatas berpisah dari segi administrasi, jangan sampai memisahkan ikatan emosional dari desa induk. "Intinya pemekeran desa ini semata-mata dalam upaya pemerataan pembangunan," katanya lagi.
 
Ditambahkan Herliyan, kepada penjabat kepala desa untuk bergerak cepat dalam menata organisasi pemerintah desa, seperti melakukan rekruitmen perangkat desa, memfasilitasi pembentukan badan permusyawaratan desa (BPD), dan penataan atau menentuan kantor desa. selain tugas-tugas rutin memberikan pelayanan kepada masyarakat.
 
"Dalam hal mengisi perangkat desa diminta untuk memberdayakan masyarakat sekitar. Selanjutnya, setelah perangkat desa dan BPD, pejabat kepala desa harus melakukan musyawarah desa dengan perangkat desa dalam rangka untuk menyusun anggaran desa 2014 yang didalamnya terdapat alokasi dana desa," ujar Bupati.
 
"Kepada masyarakat desa pemekaran, diminta  untuk mendukung setiap kebijakan penjabat kepala desa, terutama dalam hal program-program yang akan dibuat selama menjelang terpilihnya kepala desa yang defenitif," imbuh Herliyan.
 
Pengukuhan pelantikan dua pejabat desa pemekaran ini, tampak hadir Anggota DPRD Bengkalis Azmi R. Fatwa, sejumlah pejabat teras di lingkungan Pemkab Bengkalis,dan tokoh-tokoh masyarakat setempat. dilansir riaugreen.com (rep10)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index