Pemprov Kembangkan Klinik UKM

Pemprov Kembangkan Klinik UKM
PEKANBARU - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Riau akan mengembangkan Klinik Koperasi dan UKM. Klinik UKM ini bertujuan dalam memberikan jasa layanan bagi para pelaku UMKM secara gratis.
 
Demikian disampaikan oleh kepala Dinas Koperasi, Setdaprov Riau, Raja Indra Bangsawan, Selasa (26/11). Menurutnya, klinik akan memberi layanan konsultasi usaha, layanan informasi usaha, layanan pendampingan usaha, layanan pelatihan, layanan akses pembiayaan atau permodalan, layanan akses pemasaran produk UMKM, layanan pusat informasi atau pustaka kewirausahaan dan layanan klinik Koperasi dan UMKM keliling.
 
Indra menyebutkan, sepanjang tahun 2013 klinik UKM telah dibentuk Kota Pekanbaru dan Kampar. Selanjutnya tahun 2014 akan dikembangkan ke Pelelawan, Siak dan Kabupaten kepulauan Meranti. "Dengan layanan ini, Klinik UKM memberikan bimbingan kepada pelaku UKM, baik dari sisi produksi melalui berbagai pelatihan dan bimbingan, sisi akses permodalan serta sisi pemasaran," terang Indra Bangsawan.
 
Dijelaskan Indra, untuk pembangunan gedung klinik tersebut menggunakan anggaran pembangunan dialokasikan dalam APBN dan APBD Riau tahun 2013. "Saat ini baru dua yang dibangun, satu di Pekanbaru yang lokasinya di Jalan Garuda, kemudian satunya lagi berada di Kabupaten Kampar, dengan anggaran sebesar Rp3 miliar," terang Indra.
 
Lebih jauh dikatakannya, layanan pertama yang diberikan oleh Klinik UKM adalah konsultasi usaha yang bermanfaat membantu para pelaku UKM, terutama yang masih pemula dalam mengidentifikasi kondisi usaha, mengetahui permasalahan yang dihadapi dan mencari solusi bagi pemecahan masalah.
 
"Kegagalan UKM sering kali disebabkan oleh kegagalan dalam pengelolaan atau manajemen usaha, karena pelaku UMKM memahami cara produksi, akan tetapi tidak mengetahui bagaimana pengelolaan usaha yang baik seperti menghitung harga pokok penjualan dan biaya-biaya yang terkait," terangnya.(rep10)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index