Status Gunung Sinabung Level Tertinggi

 Status Gunung Sinabung Level Tertinggi
MEDAN-Status Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, dinaikkan dari level "Siaga" menjadi "Awas" terhitung mulai Minggu (24/11/2013) pukul 10.00 WIB.
Seperti dikutip Antara, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, bahwa kenaikan status itu disampaikan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi pasca-meningkatnya aktivitas Gunung Sinabung.
 
Kenaikan status tersebut juga telah dilaporkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara dan tim tanggap darurat erupsi Gunung Sinabung.
 
Ia mengatakan, status Awas tersebut merupakan level tertinggi dari aktivitas gunung berapi karena diindikasikan meningkatnya intensitas letusan. Status Awas tersebut berpotensi menyebabkan makin meluasnya lontaran material berukuran 3-4 cm yang jaraknya diperkirakan mampu mencapai 4 km.
 
Masyarakat yang bermukim dalam radius 5 km dari kawah Gunung Sinabung direkomendasikan untuk diungsikan terlebih dahulu. Jumlah warga yang mesti diungsikan diperkirakan sekitar 15.000 jiwa. Menurut Sutopo, untuk mendukung proses pemberian bantuan, sekitar 500 personel dari BNPB, BPBD Sumatera Utara, serta unsur TNI/Polri dan sukarelawan dikerahkan dalam penanganan erupsi Gunung Sinabung.
 
Kebutuhan mendesak yang diperlukan adalah kendaraan truk untuk evakuasi jika ada peningkatan status Gunung Sinabung atau antisipasi untuk kondisi terburuk. Kebutuhan lain, misalnya, makanan, masker, sandang, selimut, tikar, makanan bayi, sanitasi, serta psikososial dan layanan kesehatan. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index