2014, Jalan Sudirman Bebas PKL

2014, Jalan Sudirman Bebas PKL
ilustrasi
PEKANBARU - Tahun 2014 mendatang, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menargetkan ruas Jalan Sudirman bebas dari pedagang kaki lima (PKL) yang menjajakan dagangannnya di trotoar. Penertiban PKL itu dikhususkan pada areal Purna MTQ.
 
"Tahun 2014 pokoknya tak ada lagi PKL di ruas Jalan Sudirman. Apalagi di areal Purna MTQ. Kita larang dengan keras PKL menjajakan dagangannya di tempat itu," tegas Walikota Pekanbaru, Firdaus MT, Senin (4/11), saat menggelar pertemuan dengan padagang jagung di seputaran Purna MTQ dan Jalan Parit Indah.
 
Firdasus menegaskan, PKL masih dibiarkan menjajakan dagangannya hingga akhir tahun ini. "Keputusan ini bukan bentuk intimidasi. Tetapi lebih menegakkan ketertiban dan keindahan kota. Selanjutnya, PKL akan kita alihkan ke tempat lain yang tengah dibahas saat ini menyangkut lokasinya," jelas Wako.
 
Kemudian, sambungnya, Pemko berjaji bakal mendirikan tenda bongkar pasang khusus PKL jagung bakar nantinya di satu hamparan.  
"Ini solusi yang kita berikan. Jadi Pemko itu bukan hanya sekedar mengambil keputusan tetapi memikirkan solusinya juga. Makanya pemindahan kita lakukan tahun 2014," katanya.
 
Pemindahan itu juga lebih mengarah karena rusaknya pemandangan jalan menuju Bandara Sultan Syarif Kasim yang belakangan terus dikeluhkan warga. "Jalan Sudirman adalah cerminan kota Pekanbaru. Jadi tidak boleh ada yang merusak keindahannya," tegasnya Firdaus. 
 
Di balik itu, para pedagang yang menyampaikan aspirasinya kebanyakan menolak perintah Walikota. "Ini memberatkan kami. Setidaknya Pemko memikirkan nasib kami dalam mencari rezeki, bukan main gusur begitu saja," celetuk salah satu PKL kala itu.(rep10)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index