Jual Beli Arus Listrik PLN–MAS Rampung Tahun Ini

Jual Beli Arus Listrik PLN–MAS Rampung Tahun Ini
BENGKALIS – PLN Ranting Bengkalis memprogramkan jual beli arus listrik antara PT Meskom Agro Sarimas (MAS) dengan PLN Ranting Bengkalis bisa terealisasi tahun ini.  Saat ini pemasangan jaringan dari PT MAS menuju PLTD Pengkalan Bantan sedang berjalan. 
 
“Pemasangan jaringan sepanjang 7 KM sudah dimulai sejak bulan kemarin, dan sekarang masih sedang berlangsung. Kalau soal bulan berapa terelisasi kita belum bisa memastikan. Namun, target memang tahun ini harus terealisasi,” ujar Manajer PLN Ranting  Bengkalis, Andhy Prasetiawan kepada wartawan, Jumat (25/10).
 
Dikatakan, pemasangan jaringan tersebut merupakan tindak lanjut dari MoU jual beli daya antara PT MAS dengan PT PLN dimana PT MAS memiliki pembangkit sendiri yang saat ini sedang kelebihan daya. Sesuai dengan MoU pada bulan Juni 2013 lalu, PT MAS akan menjual daya sebesar 1 MW ke PLN.
 
Soal pemasangan jaringan yang terkesan lamban, Andhy mengatakan memang pada awalnya target bulan Oktober tahun ini daya dari PT MAS sudah bisa masuk ke sistem di PTLD Pengkalan Batang. Namun, pekerjaan jaringan itu sendiri tidak bisa dilakukan setiap hari karena listrik harus dipadamkan.
 
“Pemadaman bisa dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu. Jadi ya dilakukan secara berangsur-angsur lah. Namun kita targetkan tahun ini sudah terealisasi,” katanya.
 
Gangguan
 
Terkait dengan adanya pemadaman pada waktu-waktu tertentu, termasuk ketika menjelang Maghrib, Andhy mengatakan hal itu sama sekali bukan pemadaman bergilir karena saat ini seluruh mesin PLN termasuk mesin yang disewa dalam kondisi baik, dan dipastikan masih ada kelebihan daya.
 
“Pemadaman umumnya terjadi karena adanya gangguan jaringan. Waktunya ya tidak tentu, kadang-kadang waktu Maghrib juga terjadi black out (pemadaman total). Tapi biasanya tidak lama dan petugas kita di lapangan sudah mengantisipasi,” ujar Andhy. (rep10)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index