Jelang Mutasi

Penempatan Pejabat Harus Sesuai Kompetensi

PELALAWAN - Bupati Pelalawan rencananya melakukan mutasi pejabat dalam waktu dekat ini. Terkait ha itu, Fraksi PAN DPRD mengharapkan penempatan  pejabat hendaknya sesuai dengan kompetansi, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja serta prestasi.
 
Pernyataan ini disampaikan Ketua Fraksi PAN DPRD Pelalawan, Nazaruddin Arnazh kepada wartawan, Minggu (20/10). Menurutnya, memang penempatan pejabat eselon di birokrasi adalah hak preogratif seorang kepala daerah. "Jika kepala daerah ingin merasa terbantu dalam menjalankan tugasnya,  penempatan seseorang di posisi jabatan tertentu harus sesuai kompentensi dengan pengalaman kerja serta latar belakang ilmu yang dimiliki," tegasnya.
 
Nazaruddin mengatakan, selama kurun waktu 3 tahun terakhir, semua pihak bisa menilai kinerja, prestasi dan kompetensi para pejabat yang telah diamanahkan mengemban tugas yang diberikan. Dengan kata lain, jangka waktu 3 tahun ini dapat menjadi catatan bagi kepala daerah untuk melakukan evaluasi dan koreksi sebagai dasar pertimbangan sekaligus acuan untuk menempatkan mereka kembali. "Penempatan para pejabat yang tepat akan dapat memberikan dampak terhadap peningkatan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat," lanjutnya.
 
Belajar dari pengalaman selama ini, kata Nazaruddin, penempatan seorang pejabat yang tidak sesuai pengalaman dan disiplin ilmunya, tapi semata-mata memandang pangkat dan golongannya yang telah memenuhi ketentuan untuk memegang jabatan di eselon II, bukan jaminan menghasilkan prestasi. "Tapi sebaliknnya, prestasi dan hasil kerjanya biasa-biasa saja jika tak mau dikatakan buruk. Itu dikarenakan banyaknya program kerja yang tidak tuntas, adapun yang tuntas tapi kurang berkualitas," ungkapnya.
 
Dia juga mengingatkan pejabat yang merasa memenuhi syarat untuk mendapat jabatan tidak perlu kasak-kusuk menyikapi mutasi ini. "Kepala daerah pasti sudah memiliki catatan-catatan berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah terhadap kinerja masing-masing tentang siapa yang ditempatkannya di jabatan eselon, baik itu eselon II, III dan IV dalam mutasi nanti," tutupnya. (rep10)
 

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]