Mercedes Akui Red Bull Lebih Hebat

Mercedes Akui Red Bull Lebih Hebat

Brackley - Mercedes GP dengan besar hati mengakui keunggulan rivalnya, Red Bull Racing, dan menjadikan tim tersebut sebagai sumber inspirasi mereka.

Sebastian Vettel dan RB9 yang turun musim ini sangat mendominasi hampir di setiap lomba. Red Bull berada di puncak klasemen konstruktor dengan 445 poin, unggul 158 poin dari Mercedes di tempat ketiga.

Apapun yang dilakukan Mercedes terhadap F1 W04 tak sanggup menyaingi performa RB9 milik Red Bull. Bahkan di Jepang, Vettel tetap bisa mengalahkan Mercedes meski tanpa KERS.

“Saya tidak akan menyebut hal itu memalukan,” bos tim Mercedes, Ross Brawn, seperti dilansir Autosport.

“Memang bikin frustrasi dan jelas mereka punya performa yang sangat, sangat bagus saat ini. Tetapi itu memotivasi kami untuk lebih baik lagi. Sepertinya mereka melakukan sebuah langkah perubahan sekitar seri Spa (GP Belgia, 25/8/13), dan mungkin perkembangan kami melambat dalam pengembangan performa mobil,” katanya.

Brawn sendiri tak ragu mengakui bahwa rival yang berbasis di Milton Keynes, Inggris itu menjadi salah satu rujukan Mercedes dalam pengembangan mobil.

“Mereka memang menjadi sumber referensi terbesar bagi setiap orang dalam beberapa tahun terakhir ini,” kata pria berusia 58 tahun itu.

Paruh kedua ini, performa Mercedes GP justru melorot, semakin jauh bersaing dari Red Bull. Meski demikian, Brawn masih bisa melihat hal positif dari timnya.

“Kami semakin dekat (dengan Red Bull). Saya lihat data dari tahun kemarin, dan sulit membandingkannya karena tahun lalu kami menggunakan DRS di seluruh trek, tetapi kami 1,5 detik lebih cepat di sektor 1 (di Jepang, Minggu, 13/10/13) dibandingkan tahun lalu, dengan ban yang dasarnya sama,” Brawn menjelaskan.

“Jadi kami layak puas dengan perkembangan yang telah kami buat, dan kami harap bisa terus melanjutkan ke arah yang sama. Tim membuat langkah besar tahun ini dan kami harus membuat langkah yang sama besarnya tahun depan, dan semoga kami bisa mencoba mempermalukan orang lain,” ia mengakhiri.

Perbandingan perolehan poin empat tim teratas pada lima balapan sebelum dan lima balapan sesudah jeda musim panas:

Sebelum:

1. Red Bull 146
2. Mercedes 136
3. Ferrari 77
4. Lotus 72

Sesudah:

1. Red Bull 168
2. Ferrari 103
3. Lotus 81
4. Mercedes 79
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index