Rohul Targetkan Pendidikan Umum dan Agama 50-50

 Rohul Targetkan Pendidikan Umum dan Agama 50-50
ilustrasi

PASIR PANGARAIAN-Kepala Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Kaddisdikpora) HM Zen M.Pd dengan Kepala Kantor Kementrian Agama (Kankameng) Rohul, Sabtu (12/10/2013) melakukan penandatanagan Memorandum Of Undrestanding (MoU) sebagi wujud komitmen penyelarasan antara pendidikan umum dan agama.

MoU tersebut, bentuk komitmen Bupati Rohul, Drs H Achmad M.Si, untuk menindaklanjuti program nasional. Dimana ke depannya, dengan adanya penyelarasan pendidikan umum dan agama di sekolah, maka penyeimbangan pendidikan umum 50 persen dan pendidikan agama 50 persen.

''Bila selama ini pendidikan agama porsinya lebih sedikit, maka melalui MoU tersebut, kedepannya pendidikan agama dimulai Madrasah Diniyah Takmiliyah Wusto (MDTW) untuk tingkat SLTP dan kedepannya ditingkatkan melalui Madrasah Diniyah Takmiliyah Ulya (PDTU) tingkat SLTA. Melalui MoU tersebut, bagaimana kedepannya antara forsi pendidikan umum dan agama berimbang 50-50. Artinya, pendidikan umum dilaksanakan namun pendidikan agama juga dilaksanakan di sekolah tersebut,'' tegas Bupati Achmad.

Sementara itu menurut Kadisdikpora Rohul, HM Zen M.Pd usai melakukan MoU dengan Kakankemenag menyatakan, dengan adanya program PDTA dan PDTW untuk sekolah agama ditingkat SLTP dan SLTA, maka kedepannya secara bersama-sama pihaknya melakukan program tersebut dengan Kemenag Rohul. Hanya saja, nantinya pelaksanaan PDTA dan PDTW dilaksanakan dalam satu sekolah, sehingga targetnya antara pendidikan umum dan agama 50-50.

''Bila selama ini sekolah umum hanya mata pelajaran umum, maka kedepannya dengan adanya MoU yang sudah kita lakukan, PDTW dan PDTU dilaksanakan dalam satu sekolah. Untuk waktu pelaksanaan, tergantung dari sekolah, dan mereka yang nantinya membagi jadwalnya. Targetnya, bagaiamana anak-anak di Rohul juga mendapatkan pendidikan agama sama porsinya dengan pendidikan di sekolah umum,'' harap HM Zen.

Sementara itu, menyikapi hasil MoU antara Kemenag Rohul dengan Disdikpora dan Pemkab Rohul, Kakankemenag Rohul, Drs H Ahmad Supardi Hasibuan mengatakan, pihaknya nantinya bersama Disdikpora menyingkronkan program yang akan dilaksanakan tersebut. Juga terkait, bagaimana sistim pelaksanaan program PDTW dan PDTU nantinya, apakah dilaksanakan secara terpadu, atau dijam luar sekolah umum. (rep10)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index