Bengkalis akan Dirikan Duri Islamic Centre

 Bengkalis akan Dirikan Duri Islamic Centre
ilustrasi


BENGKALIS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis akan melaksanakan pembangunan Duri Islamic Centre (DIC) di Duri pada 2014 mendatang. Saat ini sedang dilakukan perencanaan oleh pihak konsultan dan dipastikan akan rampung dalam waktu dekat.

“Perencanaan sedang kita lakukan, Insya Allah pada tahun 2014 mendatang pembangunan fisiknya sudah bisa dimulai,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bengkalis, Muhammad Nasir, Minggu (29/9).

Berapa luas total bangunan fisik yang akan dikerjakan, Nasir mengaku belum tahu secar pasti karena perencanaannya sedang berjalan. Namun, dipastikan akan sangat luas sehingga perencanaannya pun bukan sekedar perencanaan bangunan melainkan perencanaan kawasan. “Karena DIC ini bukan hanya masjid tapi semua infrastruktur pendukung untuk aktifitas umat Islam seperti kegiatan pengajian, pembinaan dan pengembangan agama serta kebudayaan, dan juga pengkajian-pengkajian ilmiah,” kata Nasir.

Saat ditanya berapa usulan untuk tahun anggaran 2014, Nasir mengatakan akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Diperkirakan dalam kisaran Rp10 miliar sampai dengan Rp20 miliar. “Kalau usulan ya bisa berapa saja tapi semuanya kan harus melalui persetujuan dewan, disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Prosesnya masih panjang,” katanya lagi.

Untuk tahap awal ini, Nasir mengatakan prioritas pembangunan akan dilakukan untuk bangunan utama berupa masjid. Baru untuk sarana pendukung lainnya akan dilanjutkan pada tahun anggaran berikutnya. “Seperti saya katakan tadi, DIC ini sangat luas dan komplek, jadi tidak selesai hanya dengan sekali anggaran,” ujarnya seperti dilansir metroriau.

Kemungkinan ada bantuan dana dari propinsi atau pusat, Nasir mengatakan bisa saja dilakukan namun tentunya masterplan dari pembangunan DIC ini sudah dipersiapkan dulu. “Sejauh ini belum ada, tapi biasanya kita kan harus mengajukan proposal. Kalau memang ada bantuan dana dari pusat tentu proses pembangunan DIC akan semakin cepat,” sebutnya. (Rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index