Liverpool Masih Percaya Tuah Formasi 3-5-2

 Liverpool Masih Percaya Tuah Formasi 3-5-2

Liverpool-Di bawah Brendan Rodgers, Liverpool jadi tim yang terbiasa bermain dengan formasi berbeda-beda. Rodgers sendiri cukup percaya dengan formasi yang digunakannya saat ini.

The Reds di bawah Rodgers pernah bermain dengan formasi 4-2-3-1, 3-5-1-1, hingga 4-3-3 dengan false nine. Semua ini sudah pernah dilakukannya pada musim lalu dengan hasil yang juga bervariasi. Namun melawan Sunderland pada Senin (30/9) dini hari WIB, Rodger diprediksi akan menggunakan formasi 3-5-2.

Saat laga melawan Manchester United di Piala Liga Inggris tengah pekan ini, Rodgers menggunakan 3-5-2. Dia memasang Luis Suarez dan Daniel Sturridge di lini depan.

Sebagai sayap, Rodgers memasang Jose Enrique dan Victor Moses, kendati pada praktiknya Moses juga kerap menusuk ke tengah. Lalu, memasang trio Steven Gerrard-Lucas Leiva-Jordan Henderson sebagai gelandang tengah.

Pada babak kedua, Moses digantikan oleh Raheem Sterling, sementara Martin Kelly dimainkan menggantikan Lucas. Kelly, yang bisa bermain sebagai bek kanan, lebih fasih memainkan peran sebagai wing-back layaknya Enrique.

Rodgers mengakuinya sebagai sistem yang benar-benar baru --agak sedikit berbeda dengan 3-4-1-2 yang juga biasa digunakannya. Namun, dia menilai sistem tersebut berjalan cukup bagus dan bisa mengakomodasi Suarez dan Sturridge untuk dimainkan bersamaan.

"Kami memakai sistem berbeda (3-5-2) beberapa hari lalu, yang cocok digunakan dengan pemain yang tersedia, dan memakainya setelah beberapa hari persiapan. Dengan performa seperti itu di Old Trafford, sangat jelas bahwa kami bisa bekerja dengan sistem yang sama jika kami mau," ujar Rodgers di Sky Sports. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index