Bengkalis Perlu Kembangkan Potensi Baru

Bengkalis Perlu Kembangkan Potensi Baru
Wakil Bupati Bengkalis, H Suayatno

BENGKALIS – Kondisi produksi dan konsumsi terhadap minyak bumi dan gas (migas)yang tidak seimbang membuat SDA tersebut tidak akan bertahan lebih lama lagi. Untuk itu, Kabupaten Bengkalis perlu mencari dan mengembangkan sumber-sumber potensi baru untuk meningatkan pendapatan daerah.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Bengkalis, H Suayatno saat membuka acara seminar potensi migas yang ditaja oleh Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kabupaten Bengkalis, belum lama ini, di salah satu hotel di Bengkalis. Kata Wabup, informasi yang diterima, potensi minyak di bumi Bengkalis hanya akan bertahan sampai tahun 2021 atau tersisa 8 tahun lagi.

“Jika tidak ditemukan cadangan baru lagi, maka minyak di Bengkalis tidak akan bertahan lama. Terlebih tingkat produksi minyak dengan tingkat konsumsi sangat tidak sebanding. Ditambah semakin borosnya prilaku manusia dalam mengkonsumsi energi,” ujarnya, seperti dilansir Metro Riau.

Dijelaskan, untuk melakukan penghematan terhadap penggunaan migas, Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, mengeluarkan Peraturan Menteri ESDM No 1 Tahun 2013 Tentang pengendalian penggunaan bahan bakar minyak.  “Keberhasilan dalam merealisasikan kebijakan dan langkah-langkah penghematan penggunaan BBM serta pengetahuan tentang potensi Migas di Bengkalis, pastinya akan bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Sebaliknya kata Suayatno, apabila kebijakan tersebut tidak berhasil, maka seluruh lapisan masyarakat yang akan menanggung beban dan akibat buruknya. “jadi salah satu langkah yang harus kita persiapkan adalah, antisipasi paska habisnya potensi minyak dari perut bumi kita. Mudah-mudahan kegiatan seminar ini akan mendatangkan manfaat bagi masyarakat Bengkalis serta Indonesia umumnya,” harap Suayatno.

Sementara itu Ketua Panitia Zulfan ST, bahwa kegiatan seminar tersebut berlangsung selama 1 hari. panitia menghadirkan narasumber dari Direktorat Jendral Migas kementrian ESDM RI, Siwi Pamungkas. Dari SKK Migas Sumbagut, Bahari Abbas serta dari PT Chevron Iwan Azof. “Seminar sehari ini dihadiri peserta dari seluruh SKPD lingkup Pemkab Bengkalis, Akademisi serta dari PT BUMD Bengkalis,“ papar Zulfan. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index